Polda Metro Jaya Ciduk Empat Penyebar Hoax Corona

Jakarta, Akuratnews.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya terus melakukan pemantauan pemberitaan hoax terkait virus Corona atau Covid-19 di media sosial. Tindakan tegas akan diberikan pihak kepolisian terhadap penyebar berita bohong.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Iwan Kurniawan mengimbau masyarakat bijak dalam memposting berita di media sosial dan di cek betul kebenaran berita tersebut.

"Saat ini pihaknya secara rutin melakukan pemantauan melalui patroli cyber di media sosial. Dalam pantauan tersebut apabila di temukan berita, postingan atau narasi mengandung hoax akan di tindak tegas melalui proses hukum yg berlaku," kata Iwan Kurniawan di Polda Metro Jaya, Senin (30/3).

Sebelumnya Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya berserta jajaran Polres menangkap empat tersangka penyebar hoaks menyangkut virus Corona

Dijelaskan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, keempat tersangka ini ditangkap di empat kasus berbeda oleh Ditreskrimsus, Polres Bandara Soekarno Hatta dan Polres Metro Jakarta Timur.

"Pelaku yang berinisial A ini berhasil diamankan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. terkait kabar hoax mengenai lockdown di jalan tol yang kemudian menyebar di media sosial," kata Yusri Yunus.

Kemudian kasus yang ditangani Polres Metro Jakarta Timur yang mengamankan pria berinisial A yang menyebarkan hoax soal lockdown di Cipinang Melayu. Selanjutnya video hoax yang menyebut seseorang terinfeksi Covid-19 di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur.

Kasus keempat adalah hoax di Bandara Soekarno Hatta dengan tersangka H alias B yang menyebarkan kabar virus Corona masuk Soekarno-Hatta.

Keempat orang ini kini telah ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka serta dijerat dengan Pasal 28, Pasal 32, Pasal 35 UU ITE dengan ancaman 10 tahun penjara.

Penulis: Suroso
Editor:Redaksi

Baca Juga