Polda Metro Sidak Toko Penjual Masker di Pasar Pramuka

Jakarta, Akuratnews.com - Jajaran Polda Metro Jaya menggelar sidak di toko-toko penjual masker di Pasar Pramuka, Jakarta Timur. Polisi turun langsung mengecek peredaran masker di pasar itu.

Pantauan di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (4/3/2020) sekitar pukul 12.00 WIB, tim dari Polda Metro Jaya sudah tiba dan langsung melakukan sidak di pasar itu. Tim ini langsung menyambangi toko-toko penjualan masker.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, sidak ini untuk menindaklanjuti laporan masyarakat yang Viral di media sosial adanya kelangkaan barang-barang farmasi yang ada di pasar.

Selain itu dalam sidak tersebut pihak kepolisian menemukan beberapa masker dengan merek yang berbeda.

"Ditemukan masker dengan harga yang berbeda 250 Ribu, 300 ribu, yang biasanya harga 29 ribu" Kata Kombes Pol Yusri Yunus, Rabu (4/3/2020).

Yusri melanjutkan dari sidak ke pasar Pramuka, Selain menanyakan harga, polisi juga mengecek masker yang dijual disana, apakah memenuhi standar atau tidak.

Ternyata, ada salah satu toko yang menjual masker yang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Tidak ada penyaring anti virus di masker tersebut.

"Nah kalau ini tidak memenuhi standar nih maskernya. Tidak ada penyaring maskernya," kata Kombes Yusri.

Di tempat yang sama Edi Haryanto Ketua Himpunan Pedagang Farmasi Pasar Pramuka mengatakan Stok perlengkapan alat medis, seperti masker di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, masih aman dan stok untuk masker yang di butuhkan masyarakat saat ini cukup.

Edi juga menghimbau kepada masyarakat umum dalam membeli masker harus teliti dan menanyakan terlebih dahulu kepada pedagang apakah masker tersebut, memiliki fungsi antiseptik atau standar pabrik untuk menyaring debu.

"Masker yang standar pabrik tidak digunakan untuk standar medis. Masker dengan standar medis memiliki tiga lapisan yang memiliki anti septik bisa bertahan 3 sampai 5 jam," Kata Edi haryanto ketua himpunan pedagang farmasi Pasar Pramuka

Dari sidak ke pasar Pramuka, Mayoritas penjual masker di pasar itu mengaku menjual masker seharga Rp200 hingga Rp 250 ribu per satu dus. Selain menanyakan harga, polisi juga mengecek masker yang dijual di sana, apakah memenuhi standar medis atau tidak.

Penulis: Edi Suroso

Baca Juga