Polda Sultra Laksanakan Sosialisasi Kebijakan Kapolri Tentang Pembinaan Personil

Tim Kepulauan Pamin 1 Subbid Wabprof Polda Sultra menggelar Sosialisasi Pembinaan Personil Polri
Tim Kepulauan Pamin 1 Subbid Wabprof Polda Sultra menggelar Sosialisasi Pembinaan Personil Polri

AKURATNEWS - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan sosialisasi pembinaan, pengawasan Etika Profesi Polri dan kegiatan mitigasi pencegahan pelanggaran personil Polri, baik pelanggaran disiplin, pelanggaran Kode Etik maupun Tindak Pidana di beberapa daerah wilayah Teritorialnya.

Kegiatan itu dimaksud adalah dalam rangka melaksanakan Kebijakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit pada program pembinaan personil polri.

Hal itu pun langsung ditindaklanjuti oleh Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Ferdy Sambo, dengan memerintahkan kepada seluruh Kabid Propam Polda se-Nusantara, agar melaksanakan apa yang telah menjadi kebijakan Kapolri.

Terkait hal itu Polda Sultra pun dengan sigap melalui Kabid Propamnya, Kombes Pol. Prianto Teguh Nugroho S.I.K memerintahkan personil Subbid Wabprof (Sub Bidang pertanggungjawaban profesi)nya, untuk melaksanakan kebijakan orang nomor satu di tubuh institusinya itu.

Kebijakan itu pun dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi di beberapa wilayah hukumnya yakni Kepolisian Resort (Polres) Kota Baubau, Polres Kabupaten Buton, Polres Wakatobi, Polres Buton Utara (Butur) dan Polres Muna.

Kabid Propam Polda Sultra melalui Tim Kepulauan Pamin 1 Subbid Wabprofnya, Iptu Darul Aqsa, SH menjelaskan bahwa tim sosialisasi memulai kegiatan pada hari Senin tanggal 8 Maret 2022 di polres Baubau, hari selasa tanggal 9 Maret 2022 di polres Buton, pada hari tanggal 11 Maret 2022 di polres Wakatobi, pada hari Jumat tanggal 12 Maret 2022 di polres butur dan hari Sabtu tanggal 13 Maret 2022 di polres Muna, bersama dua Personil lainnya.

"Kegiatan Sosialisasi ini adalah Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Etika Profesi Polri terhadap personil polres polres kepulauan dilakukan dengan tujuan meningkatkan kesadaran personil akan pemuliaan institusi Polri, guna menekan terjadinya pelanggaran Anggota Polri," Ucap mantan Kapolsek Katobu Muna itu kepada Akuratnews.com baru- baru ini.

Lanjut Darul, bahwa personil Polri wajib hukumnya untuk melaksanakan tugas pokoknya dalam hal memelihara Kamtibmas, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat sesuai ketentuan yang ada.

"Tugas pokok Polri sudah diatur dalam UU Nomor 2 Tahun 2002 dalam Pasal 13. Bila personil polri memiliki Etika Kepribadian yang baik, sudah pasti akan menjadi harapan masyarakat," Katanya.

Dikatakannya lagi dengan kegiatan sosialisasi ini, pimpinan Polri sangat mengharapkan perubahan cara berfikir personil yang mengarah pada hal-hal positif. Dan juga dengan melaksanakan tugas sebagai penegak hukum yang adil, sehingga masyarakat merasa terayomi dan terlindungi haknya.

"Pimpinan Polri, dengan kehadiran Tim sosialisasi ini dapat merubah cara berfikir personil ke hal-hal positif. Agar nantinya masyarakat merasakan kehadiran personil Polri ditengah masyarakat dapat menjadi penyejuk hati masyarakat, sehingga masyarakat melahirkan kepercayaan kepada personil Polri dalam melaksanakan tugas penegakkan hukum yang adil hingga masyarakat merasa terayomi dan terlindungi haknya," tandasnya.***

Penulis: Zainal Arifin
Editor: Novrizal R Topa

Baca Juga