Polinema Gelar LDK Dengan Kostrad

Politeknik Negeri Malang (Polinema) melakukan kerjasama dengan KOSTRAD Div.2 untuk melakukan Latihan Dasar Kepemimpinan bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2018 (Akuratnews.com)
Politeknik Negeri Malang (Polinema) melakukan kerjasama dengan KOSTRAD Div.2 untuk melakukan Latihan Dasar Kepemimpinan bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2018 (Akuratnews.com)

Kota Malang, Akuratnews.com – Untuk meningkatkan nasionalisme dikalangan mahasiswa Politeknik Negeri Malang ( Polinema ), dilakukan Latihan Dasar Kepemimpinan. Kali ini bekerjasama dengan Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Divisi 2.

Dilaksanakan di ruang Rapat Pimpinan Polinema, dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama yang langsung dilakukan oleh Direktur Polinema, Drs Awan Setiawan MM dengan Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Marga Taufiq.

Kegiatan ini dilaksanakan selain meningkatkan  nasionalisme, juga kedisiplinan khususnya mahasiswa baru. Sebagaimana dikatakan oleh Direktur Polinema, Drs Awan Setiawan MM, kepada AkuratNews bahwa ada banyak hal yang dituangkan dalam kerjasama tersebut, salah satunya adalah pelaksanaan pendidikan dan kedisiplinan bernuansa wawasan kebangsaan untuk mahasiswa baru”.

Ditambahkan oleh Direktur, bahwa pelaksanaan latihan kedisiplinan itu akan dilakukan saat masa Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2018. Tahun ini, ada 3.300 mahasiswa baru dari 17 jurusan dan 23 program studi yang akan akan mengikuti PKKMB, tambah Awan Setiawan. Sementara dalam kegiatan umum Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), pihak Polinema lebih menekankan pada kedisiplinan.

Menurut Awan, soal kedisiplinan itu yang patut ditauladani adalah TNI. Baik itu TNI AD, AL maupun AU. Namun kali ini, pihaknya bekerjasama dengan Kostrad yang dalam hal ini adalah TNI AD. “Selain kedisiplinan juga diberikan wawasan kebangsaan agar rasa nasionalismenya kuat. Ya termasuk isu radikalisme dan sebagainya. Untuk menangkal hal itu (radikalisme), kami serahkan sepenuhnya ke Divisi Infanteri 2 Kostrad,” terangnya

Sementara itu, Pandivif 2 Kostrad Mayjend Marga Taufik menjelaskan bahwa secara umum, TNI Angkatan Darat memberikan dasar kedisiplinan kurang lebih sebulan. Dengan materi praktek maupun teori untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kepekaan sosial.

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan ini akan dilakukan dalam tiga gelombang. Dimulai pada 30 Juli 2018 untuk yang gelombang pertama. Dimana setiap gelombang akan dididik selama satu minggu. Materinya memang kita desain untuk satu minggu,” urainya.

Selain itu, lanjut dia, ada ceramah untuk memberikan pengetahuan yang lebih fokus tentang ancaman terhadap negara. “Ini untuk mempertebal rasa nasionalisme di kalangan generasi muda khususnya mahasiswa baru. Kalau mereka merasa nasionalis semuanya, itu saya kira juga akan menambah motivasi untuk belajar,” tandasnya.

Penulis:

Baca Juga