Polisi Amankan Bus Tidak Layak Jalan di Jalur Puncak

Bogor, Akuratnews.com - Satlantas Polres Bogor melakukan razia terhadap puluhan bus pariwisata di rest area KM 45 Jalan Tol Ciawi yang hendak melintasi Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Anaga Budiarso mengatakan, dalam razia yang juga melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor tersebut menjaring tiga bus tidak layak jalan.

"Tadi ada tiga bus tidak laik jalan, satu bus pariwisata, dan dua bus lainnya angkutan umum tetapi digunakan untuk mengangkut rombongan wisatawan," kata Anaga, Selasa (27/6/17).

Bus-bus mengalami kerusakan sistem pengereman yang dapat membahayakan penumpang dalam perjalanan. Selain itu, surat-surat kendaraan mereka pun diketahui ada yang sudah kedaluwarsa.

"Tadi juga ada laporan dari penumpang kalau sopir mereka ugal-ugalan, ternyata sopir pengganti. Jadi busnya ditahan dulu dan diganti dengan armada yang baru untuk penumpangnya," jelas Anaga.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih selektif memilih bus pariwisata. Jika ada yang mencurigakan atau yang tidak sesuai segera melapor ke perusahaan otobus (PO) terkait atau petugas kepolisian terdekat.

"Masyarakat harus memilih bus yang baik dan yang jelas PO-nya. Jangan sampai tergiur dengan yang harga murah tetapi kondisi bus tidak laik jalan karena membahayakan keselamatan," tutupnya.

(Ddy)

Penulis:

Baca Juga