oleh

Polisi Amankan Truk Pengangkut Kayu Ilegal Logging

Labuhanbatu Utara, Akuratnews.com – Satu unit truk colt diesel plat nomor polisi (Nopol) BA 9599 PP diamankan petugas Unit Reskrim Polsek Kualuh Hulu – Polres Labuhanbatu, Minggu (3/2/2019), sekira pukul 13.00 WIB.

Truk bermuatan kayu ilegal logging (tanpa dokumen) itu diamankan unir Reskrim Polsek Kualuh Hulu yang dipimpin Kanit Reskrim, Ipda Gunawan Sinurat SH MH.

Truk Colt Diesel dikemudikan Thamrin Panjaitan (47), penduduk Desa Simonis, Kecamatan Na IX X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumut itu bermuatan 15 batang kayu gelondongan (bulat) dengan berat sekitar 7 ton tersebut berasal dari Desa Simonis, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labura, Sumut.

Kayu gelondongan yang dimuat dalam truk tersebut, menurut Thamrin Panjaitan, akan dijual ke sebuah lokasi penampungan di Jalan Sukaramai, Desa Leidong Timur, Kabupaten Asahan, Sumut.

Saat ditanya oleh petugas tentang kelengkapan dokumen, Thamrin Panjaitan mengatakan bahwa kayu tersebut sama sekali tidak memiliki dokumen.

Saat wartawan menanyakan tentang kelengkapan dokumen truk, Thamrin juga menjawab bahwa semua dokumen, termasuk STNK berada di tangan majikannya yang memerintahkan kepada dirinya untuk menjualkan kayu gelondongan tersebut. Majikannya, berinisial SS warga Desa Simonis, Kecamatan Na IX X, Kabupaten Labura, Sumut.

Adapun 15 batang kayu gelondongan yang dibawa Thamrin tersebut, diduga merupakan kayu hutan berjenis sembarang keras, jenis kayu Meranti, Damar dan jenis lainnya.

“Namun untuk memastikan hal itu, perlu keterangan tenaga ahli perkayuan untuk dapat membuktikannya,” ujar Ipda Gunawan Sinurat.

Kanit Reskrim Polsek Kualuh Hulu itu juga menyebutkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kehutanan guna proses penanganan lanjutan. Kasus ini telah dilimpahkan ke Sat Reskrim Polres Labuhanbatu di Rantauprapat.

Terpisah, Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido melalui Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu, AKP Jamakita Purba membenarkan Petugas Unit Reskrim Polsek Kualuh Hulu telah melakukan penangkapan satu unit truk bermuatan kayu diduga ilegal.

“Benar ada diamankan oleh Polsek Kualuh Hulu, dimana rencana akan diserahkan ke Polres cq.sat reskrim” katanya saat dikonfirmasi melalui pesan elektronik. (Red)

Loading...

Komentar

News Feed