Polisi Konfirmasi Tidak Ada Izin Untuk Pegelaran Seni di Alun-Alun Surabaya

Suasana Pedestrian depan Alun-Alun Surabaya, saat pagelaran seni, Kamis (20/8/20) malam.

Surabaya, Akuratnews.com - Usai diresmikan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, pada Senin (17/8/20) lalu, Alun-alun Suroboyo langsung dipadati oleh Warga.

Masyarakat yang penasaran dengan wujud baru kompleks Balai Pemuda tersebut, terus berdatangan. Puncaknya saat adanya pagelaran seni, Kamis (20/8/20) malam.

Akibat banyaknya masyarakat yang berkumpul hingga di pedestrian, Jalan Pemuda dan Yos Sudarso, akhirnya Pemkot Surabaya melakukan pembatasan kepada pengunjung dan menghentikan pertunjukan tersebut.

Saat dikonfirmasi, Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo mengatakan, pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin apapun yang melibatkan pengumpulan massa, termasuk acara di Alun-alun Surabaya.

"Ga ada. Polres tidak mengeluarkan ijin terkait apapun kegiatan masyarakat yang sifatnya mengumpulkan massa mulai saat pandemi sampai dengan sekarang," kata AKBP Hartoyo saat dikonfirmasi wartawan, Jumat(21/8/20).

Menurut Hartoyo juga membenarkan jika seharusnya ada surat pemberitahuan, meskipun kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pemkot.

"Betul setidaknya ada pemberitahuan kegiatan. Kepentingannya adalah untuk dilakukan pengamanan supaya kegiatan tidak menimbulkan gangguan Kamtibmas," ujar Hartoyo.

Terkait kegiatan di Alun-alun Surabaya, Hartoyo memastikan, pihaknya juga belum mendapatkan surat pemberitahuan dari Pemkot.

"Belum ada," pungkasnya.

Namun kata Hartoyo, sisi positifnya adalah, kegiatan tersebut dihentikan sendiri oleh Wali Kota.

Penulis:

Baca Juga