Seruan Aksi: Reformasi Dikorupsi #SaveKPK

Politik Makin Panas, Aliansi BEM UI Turun ke Jalan, #InilahSaatnya

Aksi Demonstrasi Aliansi BEM UI di depan Gedung DPR RI, Kamis 19 September 2019. (foto istimewa).

Jakarta, Akuratnews.com - Pasca revisi UU KPK serta RKUHP disetujui pemerintah dan disahkan DPR RI, situasi politik antara pro dan kotra kian menguat mendidihkan suhu politik nasional. Rentetan demonstrasi pun mewarnai perjalanan revisi tersebut termasuk memancing kegeraman mahasiswa yang dinilai masih pro rakyat.

Di sisi lain, kasus kebakaran hutan dan lahan berikut asap yang dan penyakit yang mulai menjangkiti masyarakat kian membuat keprihatinan para Mahasiswa. Atas dasar itu, beberapa komponen Mahasiswa mulai bergerak menggalang berbagai seruan kecaman yang ditujukan kepada pemerintahan dan DPR RI.

"Peristiwa yang terjadi selama seminggu terakhir ini telah mengkonfirmasi ketakutan terburuk kita semua. Reformasi yang telah diperjuangkan bersama oleh seluruh elemen masyarakat telah dibajak, dilukai, dan dihancurkan oleh para "oknum yang seharusnya mendengar aspirasi rakyat"." tulis Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia dalam seruan aksi yang diterima redaksi Akuratnews.com, Kamis (19/9/2019), siang.

Menurut mereka, Lembaga-lembaga yang seharusnya memimpin rakyat dengan hikmat dan bijaksana, tidak melakukan tugasnya. Mereka sibuk memperjuangkan kepentingan mereka sendiri.

"Selain itu, besok merupakan pembahasan R-KUHP di sidang paripurna. Padahal, masih banyak pasal-pasal yang bermasalah." terangnya.

Oleh karena itu, BEM se-UI bersama dengan koalisi masyarakat sipil menggelar aksi hari ini yang dipusatkah di Halte Psikologi UI, sementara demonstrasi rencananya dilakukan pada pukul 13.00 WIB tadi siang dengan dua sasaran. Pertama, DPR RI dilanjutkan dengan bergabung dalam Aksi Kamisan di Istana Negara.

"Mari, berjuang bersama untuk Reformasi yang telah dibayar dengan darah! Jangan sampai lepas. Hidup reformasi!, Hidup rakyat Indonesia!" serunya. Demikian Aliansi BEM se-UI dengan tagline yang diusung sebagai berikut: #InilahSaatnya , #ReformasiDikorupsi dan #SAVEKPK .(*)

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga