Polres Kota Langsa Harap Masyarakat Jangan Sebarkan Hoaks

Langsa, Akuratnews.com - Kapolres Langsa, AKBP Andy Hermawan SIK, M.Sc menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Langsa agar menghindari dan tidak menyebarkan informasi yang tidak benar sumbernya atau hoaks.

Hal itu ditegaskan Kapolres saat memberikan materi Focus Group Discussion (FGD) dan Forum Silaturrahmi Kamtibmas KKYD (Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan) TA 2019 yang digelar Satuan Binmas Polres Langsa dan diikuti perangkat desa, tokoh agama, ormas pemuda dan masyarakat di Vita Tirta Convention Hall Langsa, Rabu (20/03/2019).

Kapolres menambahkan, banyak berita yang kebenarannya masih diragukan lalu dikirimkan oleh oknum-oknum tertentu dan sayangnya banyak masyarakat menerima mentah-mentah berita tersebut, sehingga berita hoaks sambung menyambung dari satu desa ke desa lain.

Kemudian permasalahan lainnya terkait ujaran kebencian ini juga sama dampaknya yang bisa menyebabkan perpecahan masyarakat di desa.

"Saya mohon jika mengetahui hal tersebut agar disampaikan kepada masyarakat jangan disebarluaskan karena kebenarannya diragukan, apalagi terkait permasalahan menjelang pesta demokrasi saat ini," ujar Kapolres.

Kapolres berpesan, untuk menciptakan suasana pemilu 2019 dengan damai, aman dan sejuk seperti harapan bersama.

"Situasi aman dan sejuk ini tanpa peran serta masyarakat, mustahil ini bisa tewujud tanpa peran ulama dan tokoh masyarakat polri sulit menciptakan Kamtibmas yang kondusif" ucapnya.

Sementara Wakapolres Langsa, Kompol Budi Darma, SH saat membuka acara tersebut mengatakan, Focus Group Discussion (FGD) dan Forum Silaturrahmi Kamtibmas KKYD TA 2019 bertujuan menjalin silaturahmi antara aparat kepolisian dan masyarakat guna meningkatkan kamtibmas menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

"Kamtibmas tidak mungkin tercipta dengam baik tanpa peran tokoh masyarakat, pemuda, ulama dan perangkat desa. Terlebih lagi dalam menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 ini," sebutnya.

Kasat Binmas Polres Langsa, Iptu Raja Bangsawan dalam laporannya menjelaskan, Focus Group Discussion (FGD) dan Forum Silaturrahmi Kamtibmas KKYD TA 2019 melibatkan peserta sebanyak 150 orang terdiri dari para kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas pemuda dan mahasiswa.

Hadir juga sebagai pemateri Ketua MPU Langsa, Dr Tgk H Zulkarnain, MA dan Satpol PP Kota Langsa.

"Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan menghadapi pemilu yang aman, sejuk dan damai, untuk mendukung dan mengawal proses demokrasi yang diharapkan benar-benar berkualitas," pungkasnya.

Jurnalis: Jamallul Iqbal
Publisher: Atta

Penulis:

Baca Juga