oleh

Polri Terapkan Pengamanan Empat Lapis Jelang Asian Games

Jakarta, Akuratnews.com РKepolisan Negara Republik Indonesia (Polri) menerapkan pengamanan empat lapis pada saat pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/08/2018)

“Kami memberikan perhatian tersendiri untuk pengamanan pembukaan Asian Games. Kami akan melibatkan personel pengamanan sebanyak 8.107, yang terdiri atas Polri, TNI, petugas pengamanan dari pemerintah daerah, serta unsur lain seperti pemadam kebakaran, ambulans, dan lain-lain,” ujar Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian di Jakarta, Sabtu, (18/08/2018).

Lebih lanjut Kapolri menjelaskan bahwa, pengamanan pembukaan Asian Games 2018 menggunakan sistem berlapis yang diterapkan dalam empat ring atau kawasan.

Tito menjelaskan, area pengamanan Ring 1 berada di wilayah dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, lokasi berlangsungnya pembukaan Asian Games 2018.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memimpin pengamanan di kawasan tersebut, membawahi di antaranya pasukan pengamanan presiden (Paspampres).

Di samping unsur TNI, jajaran dari kepolisian juga akan disiagakan untuk mengamankan wilayah Ring 1.

Sementara itu, Ring 2 mencakup wilayah luar SUGBK, termasuk lintasan lari yang mengelilingi stadion.

Tito menjelaskan pengamanan di Ring 2 akan menjadi tanggung jawab pihak kepolisian. Pengamanan di Ring 3 mencakup kawasan luar lintasan lari Gelora Bung Karno, dan Ring 4 meliputi kawasan Senayan.

Menjelang pembukaan Asian Games 2018, pihak kepolisian telah menerapkan rekayasa lalu lintas, berupa penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas, khususnya di area sekitar Senayan.

Jalan dari arah Semanggi, menuju ke Balai Sidang Jakarta Conventional Center (JCC) ditutup sehingga kendaraan diarahkan lurus ke arah Slipi.

Kendaraan dari arah lapangan tembak juga dialihkan lurus naik flyoverdan belok kiri ke arah Slipi. Sementara itu, kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke Semanggi karena tidak ada kendaraan yang melintasi Jalan Gerbang Pemuda.

Di samping rekayasa lalu lintas, pihak kepolisian juga menyediakan belasan kantong parkir di sekitar wilayah Senayan.

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, lokasi parkir yang dimaksud mencakup Wisma Serbaguna, Plaza Senayan, Senayan City, Gedung DPR/MPR, Gedung Direksi, dan Ratu Plaza.

Enam kantong parkir lainnya, antara lain Manggala Wanabakti, Parkir Lot 17 SCBD (Sudirman Central Business District), Lapangan Bhayangkara, Lapangan Banteng, Parkir IRTI Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, dan PRJ Kemayoran.

“(Di luar dari daftar itu) kantong parkir untuk tamu VIP berlokasi di Lapangan Golf Senayan untuk kapasitas 150 mobil, Hotel Mulia kapasitas 600 mobil, dan Hotel Fairmont 700 mobil,” terang Argo.

Sementara itu, kapasitas parkir di Plaza Senayan dapat menampung 3.500 unit mobil, Senayan City 2.500 mobil, Ratu Plaza 500 unit mobil dan 200 motor.

Di luar dari daftar itu, Gedung TVRI, menurut Argo, juga dapat dimanfaatkan untuk parkir bus dengan kapasitas 100 unit.

Umumnya, tiap kantong parkir dapat menampung ratusan kendaraan bermotor mulai dari bus, mobil, dan motor. Misalnya, untuk Wisma Serbaguna kapasitas motor sebanyak 700 unit, dan bus 150 unit, sementara Plaza Senayan dapat menampung 150 unit bus dan 500 motor. (Yud)

Komentar

News Feed