Polsek Karangpilang Ungkap 26 Sapi Tanpa Berkas di RPH

Surabaya, Akuratnews.com - Garis polisi terpasang di RPH Karangpilang Surabaya usai puluhan ekor sapi tanpa berkas diamankan Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Karangpilang Surabaya melalui giat patroli.

"Ternyata 26 sapi betina tidak dilengkapi surat dari dokter hewan atau dinas terkait di RPH Karangpilang ," kata Kompol Noerijanto kepada Akuratnews.com, Sabtu (23/06/2018).

Petugas kepolisian, kata Noerijanto, memeriksa total 42 ekor sapi di RPH Karang Pilang. "Setelah diperiksa, petugas mendapatkan 21 ekor sapi, diantaranya 16 ekor sapi betina tanpa berkas dan truk sebagai sarana pengakut dengan Nopol N 9658 UR," katanya.

Dalam kasus ini, petugas juga mengamankan tiga orang yakni, Sopir truk, pengawal, dan jagal. Mereka, kata Noerjanto, mengaku bahwa sapi-sapi tersebut didapat dan dikirim dari wilayah timur.

"Seperti Lumajang, ini masih kita dalami terus," tegas Noerijanto.

Akibat dari perbuatannya, para pelaku terancam Pasal 18 ayat 4 UU 41/2014 tentang Peternakan dan Hewan dengan denda maksimal Rp 300.000.000,00 dan kurungan penjara maksimal tiga tahun penjara.

"Masalahnya 16 sapi betina ini tidak dilengkapi surat rekomendasi layak potong dari dokter hewan atau dinas terkait. Sementara sapi betina baru layak potong jika sudah tidak produktif lagi atau sudah tidak beranak pinak lagi," kata Noerijanto. (rif)

Penulis:

Baca Juga