Polusi Udara Bikin Anak-anak Rentan Mati, Kata Michelle Bachelet

Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Michelle Bachelet. (foto istimewa).

Jakarta, Akuratnews.com - Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Michelle Bachelet menyoroti langsung buruknya polusi udara akibat kebakaran hutan dan lahan. Michelle Bachelet merespon langsung buruknya kualitas udara yang dapat berdampak terhadap kematian anak-anak.

Dalam akun twitternya, Bachelet mengatakan, akibat buruknya polusi udara membuat anak-anak rentan terhadap kematian.

"Polusi udara membuat anak-anak rentan mati," kata Michelle Bachelet lewat akun Twitternya, @mbachelet, Minggu (22/9/2019) lansir situs nasional.

"Dalam banyak kasus, anak-anak bahkan tak bisa bernapas dengan aman di dalam rumah mereka sendiri. Udara bersih adalah hak asasi manusia dan memerangi polusi udara bisa dilakukan. Kita perlu melakukan aksi sekarang," cuitnya.

Namun begitu, tidak diketahui apakah kicaunya di twitter ini berhubungan atau tidak dengan persoalan pekatnya asap karhutla di Indonesia yang mulai berdampak hingga ke negara-negara tetangga.

Bachelet menggunakan tagar #AirPollution, #CleanAir, dan #ActNow dalam kicaunya itu.

Sementara di Indonesia sendiri, kepekatan asap kebakaran hutan dan lahan kian memprihatinkan sebab sudah lebih dari ambang batas kesehatan.

Senada dengan Bachelet, Wahana Lingkungan Hidup atau Walhi menyatakan kandungan partikel yang larut di udara sudah lebih dari ambang batas dan berpotensi membunuh kelompok rentan seperti balita, anak-anak dan orang-orang yang menderita sakit. (*)

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga