Ponpes Al-Abror Depok Jadi Sorotan Warga Cilodong

Pesantren Sains Al-Quran Al-Abror Cilodong-Depok
Pesantren Sains Al-Quran Al-Abror Cilodong-Depok

AKURATNEWS- Pondok Pesantren Sains Al-Quran Al-Abror di Cilodong, Depok mendapat sorotan warga lantaran adanya kabar tak sedap yang diduga terjadi di dalam pesantren tersebut.

Kabar tak sedap seputar dugaan terjadinya pelecehan seksual itu langsung disikapi warga dan pihak Kelurahan Cilodong Depok sejak beberapa hari lalu.

Kepala Kelurahan Cilodong M Yanih mengaku telah lakukan upaya terkait kabar tersebut dan melakukan pemanggilan terhadap pihak Ponpes.

"Beberapa hari lalu kami sudah memanggil pihak Ponpes begitu mendengar kabar itu," ujar Lurah Cilodong M Yanih, di Kantornya, Jumat,(5/8).

Dalam pemanggilan yang juga melibatkan warga, kata Yanih, pihak Ponpes mengaku jika pimpinan Ponpes sudah tidak lagi berada di Ponpes. Selama Covid-19 aktifitas belajar mengajar juga sudah tidak dilakukan di Ponpes itu.

Soal kebenaran kabar dugaan terjadinya pelecehan seksual, Yanih mengaku jika pihaknya masih belum mengetahui secara pasti prihal kebenaran isu tersebut.

"Saat ini kami hanya lakukan upaya klarifikasi dari info yang ada. Saya juga meminta kepada pihak Ponpes dan warga untuk memberikan informasi kalo pak Kiai (pimpinan ponpes Al'-Abror) ada di Cilodong", kata Yanih.

Terkait kabar tak sedap itu, perangkat RT di wilayah RW 06 Kelurahan Cilodong-Depok melakukan rapat bersama di Musholla As-Sahid lingkungan RT 02 pada Kamis, (4/8) mslam.

Ketua RT 02 RW 06 Cilodong, Depok Dedi mengatakan pihaknya langsung lakukan rapat terkait adanya informasi soal di Ponpes via salah satu media massa belum lama ini.

"Awalnya saya tahu dari pemberitaan di media massa soal itu (kejadian di Ponpes). Dari itu, saya bersama pak RW 06 langsung berniat mengumpulkan perangkat RT di wilayah RW 06", kata Dedi, dikediamanya, Kamis,(4/8) malam.

Menurut Dedi, acara rapat bersama jajaran perangkat RT, Pokdar dan Ketua RW 06 membahas seputar kabar kejadian di Ponpes Al-Abror.

"Kami hanya undang empat orang Ketua RT yang ada di lingkungan RW 06 bersama Pokdar untuk musyawarah aoal kabar itu untuk menjaga situasi kondusif di lungkungan," ujarnya.

Dia mengaku jika ada juga warganya yang memjadi santri di Ponpes yang telah berdiri sejak 2017 tersebut namun, jumlahnya tidah banyak dan kini juga sudah menjadi alumni.

"Ada sekitar lima orang yang memjadi santri. Tapi, sudah lulus dan sekarang tinggal di Bandung dan Bekasi. Jadi kami tidak tahu pasti apakah itu juga dialami warga kami", tutup Dedi.

Diketahui, Ponpes Sains Al-Quran Al-Abror Cilodong, Depok berdiri sejak tahun 2015 dan baru diresmikan pada tahun 2017 lalu. Ponpes tersebut merupakan SMP IT Sains Al-Quran juga dikabarkan sempat mendapat kunjungan dari salah seorang anggota DPR RI beberapa waktu lalu.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga