Potensi Keuangan Digital Begitu Besar, Pemerintah Diminta Segera Siapkan Regulasi Perpajakan

Ilustrasi - Keuangan Digital
Ilustrasi - Keuangan Digital

AKURATNEWS - Melihat potensi besar di industri keuangan digital yang belakangan ini terus berkembang pesat, pemerintah dipandang perlu menyiapkan regulasi khusus di bidang perpajakan sebagai upaya menambah pemasukan negara.

Jika Indonesia ingin maju di industri ini, tidak boleh dibiarkan hal ini berjalan autopilot agar peluang tersebut tidak berbalik dan menjadi berbahaya bagi masyarakat Indonesia.

"Sehingga peluang ini tidak dimanfaatkan oknum broker atau penghimpun dana yang bisa merugikan masyarakat secara luas seperti yang banyak terjadi belakangan ini dan dana dalam jumlah besar tidak balik ke negara lain," ujar pelaku trading di bidang derivativ berjangka di Indonesia, Agus Purnomo, Senin, 4 April 2022.

Dikatakannya, melihat adanya peluang tersebut, negara dipandan perlu hadir dengan regulasi perpajakan yang jelas.

Selain itu, masyarakat juga harus diberi edukasi melalui pameran dan juga lewat pendidikan tentang trading derivativ future beserta risikonya.

"Lembaga negara seperti Bapepti pun harus berperan jelas di sini dengan mengadakan pameran broker, sehingga masyarakat teredukasi dan melihat langsung mana yang legal, mana yang tidak. Ajang IFX Expo di Dubai dan di Cyprus bisa menjadi contoh," ujar Agus lagi.

Apalagi, imbuhnya, Presiden Jokowi sering menyebut perlunya solidaritas seluruh elemen bangsa agar negara ini mampu bertahan dan maju.

Bukan hanya itu saja, Agus juga mereferensi apa yang pernah dikatakan Presiden Jokowi terkait ungkapan jika negara bisa maju maka dibutuhkan kerja nyata yang terstruktur dan tidak linear yang harus extraordinary.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga