PPDB SDN 1 Katobu Hingga 6 Juli, Kepsek ; Biaya Pendidikan Gratis

SDN 1 Katobu Kecamatan Katobu Muna Sultra
SDN 1 Katobu Kecamatan Katobu Muna Sultra

AKURATNEWS - Masih berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) RI Nomor 1 Tahun 2021, Sekolah Dasar di Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penerimaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB), untuk tahun ajaran 2022 - 2023 ini.

Dengan hal itulah SDN 1 Katobu Muna membuka PPDB sejak tanggal 22 Juni dan akan berakhir pada pada tanggal 6 Juli 2022 nanti.

Itulah yang di ungkapkan Kepala Sekolah nya, Zamain, S.Pd kepada Akuratnews.com saat di temui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna.

" Penerimaan murid baru di sekolah kami mengacu Permendikbudristek. Sesuai rapat Kerja Kelompok Kelapa Sekolah (KKKS) PPDB kita mulai tanggal 22 Juni hingga 7 Juli. Tapi disekolah kami hingga tanggal 6 Juli 2022," Ucapnya.

PPDB untuk murid baru dikelolah kami, kata Zamain, tidak akan menyulitkan, mereka melalui orang tua mereka hanya menyiapkan persyaratan yang di butuhkan oleh sekolah dan disekolahnya tidak akan ada biaya pendaftaran atau biaya apapun.

" Persyaratan yang disiapkan hanya Akta Kelahiran, foto coppy KK dan trasnkip nilai hasil Ujian Akhir Sekolah (UAS) disekolahnya masing masing. Dan untuk kebutuhan kekurangan murid semua kita gratiskan. Dari pakaian hingga kebutuhan lainnya, yang menyangkut kekurangan kebutuhan pendidikan di sekolah, " Katanya.

Dia menjelaskan terkait berapa besar quota penerimaan murid baru disekolahnya, bahwa berdasarkan pengusulan sekolah di Dikbud pihaknya diberikan kesempatan hingga bisa sampai tiga rombongan belajar (Rombel).

" Kalau kita dapat dua rombel ya, dua rombel. Kalau tiga rombel ya, tiga. Namun semua kita harus syukuri berapapun yang kita dapatkan, sudah itu yang terbaik, " Tuturnya.

Mantan Guru olah raga itu juga berharap kepada peserta didik baru dalam hal ini orang tua mereka agar tidak perlu was was untuk mendaftarkan anaknya di SDN 1 Katobu, terutama untuk peserta didik yang keluarganya dibawa garis kemiskinan.

" Untu mereka (keluarga miskin) kami akan siap membantu. Apalagi ada program pemerintah tentang Kartu Indonesia Pintar, itu yang wajib kita bantu. Agar mereka bisa mendapatkan KIP. Kewajiban orang tua hanya menyiapkan Surat Keteeangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan. Tetapi itu bagi murid yang berada dalam kalangan keluarga tidak mampu. Nanti kita yang mengurusnya sampai selesai hingga mendapat bantuan program pemerintah itu, " Tandasnya.

Salah satu orang tua yang melakukan PPDB di sekolah itu, Machdin warga Kelurahan Raha II mengatakan bahwa SDN 1 Katobu adalah sekolah yang memilki prestasi yang gemilang.

" Sekolah tersebut banyak diminati orang tua murid dari berbagai wilayah di Muna. Karena sekolahnya bergengsi, sekolah yang berprestasi. Apalagi Kaseknya menggratiskan kebutuhan pendidikan untuk semua siswanya. Makanya kami tertarik dengan sekolah itu, dengan Kasek yang baik, "Terangnya.***

Penulis: Zainal Arifin
Editor: Ahyar

Baca Juga