PPTQ Darul Fikri Adakan Seminar Parenting Digital School Tranformation

Sidoarjo, Akuratnews.com - Situasi pemberlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) dan physical distancing akibat pandemi covid-19 bukan suatu asalan bagi segenap pimpinan Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Darul Fikri (PPTQ Darul Fikri) Sidoarjo untuk tidak menjaga kualitas mutu pembelajaran. Setelah PPTQ Darul Fikri Sidoarjo meluncurkan program Home (Home Oriented and Meaningfull Education) sebagai metode pembelajaran berbasis daring selama masa pandemic corona, kali ini pimpinan PPTQ Darul Fikri Sidoarjo menyelenggarakan seminar parenting bertema Digital School Tranformation untuk para wali murid.

Dalam seminar parenting yang memanfaatkan aplikasi Zoom itu, para wali murid diajak berdiskusi dan bersinergi untuk menyukseskan pembelajaran berbasis daring. Dr. Shobikhul Qisom, M.Pd selaku pemateri parenting menjelaskan tentang pentingnya inovasi pembelajaran untuk menjawab tantangan zaman. “Faktor sukses seseorang menurut riset Harvard University, Carnagie Fondation and Stanford Riset Center, ditentukan oleh 15% tecknical skill dan 85% soft skill. Maka penting bagi guru-guru dan orang tua siswa untuk memastikan adanya inovasi pembelajaran setiap saat,” Jelas Shobikhul Qisom.

Adanya inovasi pembelajaran setiap saat menurut Shobikhur Qisom akan membuat para siswa lebih kreatif dalam menghadapi setiap tantangan. Kreatifitas tersebut adalah fondasi paling baik dari pengembangan soft skill dan technical skill para siswa. Dengan kolaborasi yang baik dari guru-guru dan orang tua siswa kualitas pembelajaran akan meningkat sehingga memberikan hasil yang memuaskan.

Yahya Ayasi, salah satu wali murid kelas VII yang menjadi peserta seminar parenting saat dihubungi via pesan elektronik berpendapat tentang banyaknya manfaat dari seminar parenting itu. Ia merasa lebih paham tentang besarnya tanggung jawab guru-guru dan para orang tua terhadap perkembangan pendidikan para siswa. “Saya jadi lebih tahu seberapa besar tanggung jawab guru-guru untuk memastikan pendidikan yang inovatif setiap saat. Insya Allah, demi kemajuan bersama, saya siap berkerja sama dengan para guru memastikan program pembelajaran daring berjalan sukses,” ungkap Yahya Ayasi.

Acara seminar parenting yang diikuti 700 peserta ini ditutup dengan kesimpulan bersama mengenai pentingnya peran guru dan orang tua dalam kesuksesan belajar para siswa. “Dengan kerja sama yang solid antara guru dan orang tua siswa, insya Allah pembelajaran akan berjalan dengan baik” tegas Shobikhul Qisom.

Penulis: Redaksi

Baca Juga