Prabowo Yakini Pihak Asing Dalang Kerusuhan Unjuk Rasa Omnibuslaw

Jakarta, Akuratnews.com - Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto meyakini ada unsur asing yang mendalangi kerusuhan yang terjadi saat unjuk rasa memprotes Omnibuslaw UU Cipta Lapangan Kerja (8/10) di kawasan Istana Negara, Jakarta.

Prabowo menyoroti hal tersebut setelah terjadi huru-hara dan banyaknya fasilitas umum seperti halte Transjakarta dan pos polisi yang menjadi sasaran perusakan oleh oknum demonstran.

"Ini pasti anasir yang dibiayai asing. Enggak mungkin seorang patriot mau bakar (fasilitas umum) milik rakyat," kata Prabowo dalam wawancara khusus yang dirilis DPP Partai Gerindra, Senin, 12 Oktober 2020.

Prabowo mengutarakan, ia sempat terjebak dalam aksi massa penolakan UU Cipta Kerja. Ia pun kaget saat melihat banyak mahasiswa yang tidak mengenakan masker bahkan tidak menjaga jarak.

Pendiri Partai Gerindra ini menyebut bahwa penggerak aksi demonstrasi ini tidak bertanggung jawab. "Dalang ini tidak bertanggung jawab sama sekali. Saya sangat prihatin. Ini kan lagi Covid-19," ujarnya.

Meski begitu, Prabowo mengatakan, para mahasiswa yang menggelar aksi itu memberikan akses agar mobilnya melewati jalan. Bahkan, beberapa mahasiswa memberikan hormat kepadanya.

"Ya masih banyak yang apa itu, dadah ke saya, lihat mobil saya. Anak-anak itu ada juga yang hormat. Jadi saya kira mereka itu niatnya baik anak-anak itu, tapi ada yang panas-panasin," kata Prabowo.

Baca Juga