Presiden Joko Widodo Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Hari Ini

Jakarta, Akuratnews.com - Presiden Joko Widodo akan mengumumkan lokasi ibu kota baru pengganti DKI Jakarta pada Senin (26/8/2019) siang nanti. Pengumuman dilakukan setelah kajian pemindahan ibu kota selesai dilakukan Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappenas).

Kepastian pengumuman lokasi ibu kota baru, diketahui melalui video yang diunggah akun Youtube resmi Sekretariat Presiden. Video tersebut berjudul "Upcoming LIVE | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru."

"Presiden Joko Widodo akan melakukan konferensi pers terkait pemindahan Ibu Kota negara di Istana Negara, Senin, 26 Agustus 2019 pukul 13.00 WIB," demikian tertulis dalam keterangan video tersebut.

Pemerintah sebelumnya telah mengumumkan ibu kota negara akan dipindah ke Pulau Kalimantan. Ada tiga lokasi yang menjadi pilihan pemerintah, yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Meski demikian, belum dipastikan lokasi pengganti DKI Jakarta. Pemerintah melakukan sejumlah kajian dan pertimbangan sebelum menentukan lokasi tepat.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan, pemindahan ibu kota negara ke wilayahnya akan membawa dampak positif bagi perekonomian daerah. Tak hanya akan dirasakan Kaltim, kata Isran, seluruh provinsi di Kalimantan dan provinsi lain yang berbatasan langsung dengan Kaltim, seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah, juga akan terkena imbas positifnya.

"Dampak positif yang nyata semisal soal pembangunan, tentunya bakal ada pembangunan dengan skala besar terkait pemindahan ibu kota," kata Isran di Samarinda.

Adapun terkait ketersediaan lahan seluas 3.000 hektare yang menjadi prioritas awal untuk pembangunan infrastruktur utama, Gubernur menegaskan, lahan tersebut sudah siap dan merupakan tanah negara.

Penulis: Fajar
Editor: Alamsyah

Baca Juga