Hari Pers Nasional 2020

Presiden Joko Widodo Berharap Pers Terus Beri Informasi yang Benar ke Masyarakat

Presiden Jokowi memberi sambuat di Hari Pers Nasional 2020.
Presiden Jokowi memberi sambuat di Hari Pers Nasional 2020.

Banjarmasin, Akuratnews.com - Presiden Joko Widodo menegaskan, peran pers sangat penting dalam mendukung sosialiasi program pemerintah ke masyarakat. Pers juga dapat melakukan fungsinya sebagai kontrol sosial terhadap apa yang telah dilakukan pemerintah selama ini.

"Pers itu teman saya. Kemana saya pergi selalu ada wartawan yang ikut saya. Para menteri justru tak sering ikut dengan saya, tapi dimana saya berada selalu membawa wartawan," kata Jokowi sapaaan Presiden Joko Widodo, pada acara Hari Pers Nasional 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2/2020).

Menurut Jokowi, Hari Pers Nasional yang diselenggarakan setiap tahun sangat penting. Karena itu Presiden mengaku, seharusnya ia ke Cambera, Australia, langsung menginstruksi mampir ke Banjarmasin menghadiri acara HPN 2020.

"Saya takut satu kali tidak menghadiri Hari Pers Nasional. Kapok saya, makanya waktu mau ke Cambera, saya perintahkan mampir ke Banjarmasin, hadiri Hari Pers Nasional tahun ini," ujar Presiden disambut applaus ribuan wartawan se-Indonesia yang memenuhi tenda merah putih halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan.

Presiden menyatakan, selama kepemimpinannya pers sebagai teman diskusi, dan juga terkadang membuat dirinya grogi dengan pertanyaan wartawan yang melakukan wawancara cegat (doorstop).

"Saya berterima kasih karena peran pers Pemilu di Indonesia berjalan lancar dan sukses. Saya harapkan pers harus memberitakan informasi yang benar ke masyarakat. Jangan beritanya tidak sesuai fakta," tegas Presiden.

Penulis: Redaksi

Baca Juga