Presiden Joko Widodo Kunjungi Pasar Tambahrejo, Surabaya

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo mengunjungi Pasar Tambahrejo, Jalan Tambakrejo, Surabaya, Rabu, 20 April 2022.
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo mengunjungi Pasar Tambahrejo, Jalan Tambakrejo, Surabaya, Rabu, 20 April 2022.

AKURATNEWS - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Timur.

Di Kota Surabaya, Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Tambahrejo, Jalan Tambakrejo, Surabaya, Rabu, 20 April 2022.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi oleh beberapa menteri dikabinetnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Jokowi bersama rombongan tersebut tampak tiba di Pasar Tambahrejo sekitar pukul 15.00 WIB. Ketika turun di mobil, ia melambaikan tangan kepada masyarakat yang sudah menunggu di sepanjang trotoar.

Kemudian, Jokowi bersama para kepala daerah menyalami masyarakat yang mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos), yakni Program Keluarga Harapan (PKH).

Tak lama, Jokowi kemudian memasuki Pasar Tambahrejo untuk menyapa para pedagang sembako. Ia tampak berkeliling dan menanyai para pedagang yang menjaga stand masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, Presiden RI Joko Widodo meninjau langsung penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Minyak Goreng, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan PanganNon Tunai (BPNT) kepada 250 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Yakni, 100 KPM PKH, 50 PKM kategori PKL, dan 100 KPM kategori pedagang.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Pepen Nazaruddin mengatakan, kunjungan Jokowi tersebut menyasar beberapa daerah di Jatim, salah satunya Surabaya.

"Pembayaran BLT ini dimulai pada bulan April hingga bulan Juni. Disamping itu juga menyerahkan bantuan PKH tahap kedua dan bantuan sembako atau BPNT di bulan April," kata Pepen.

Pepen menambahkan, sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang menginginkan bahwa semua bantuan, harus sudah disalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijiriah.

Di Kota Surabaya, untuk capain bantuan yang telah disalurkan atau telah terealisasi adalah sebesar 92 persen.

Bahkan, Ia memastikan, dalam dua hari kedepan seluruh bantuan akan selesai disalurkan.

"Alhamdulillah untuk penyaluran bantuan Kota Surabaya secara nasional sudah sangat tinggi, yakni mencapai 92 persen, dari total jumlah penerima atau KPM di Kota Surabaya sebanyak 56.372 orang," terang dia.

Setelah beberapa keliling di dalam pasar, Jokowi bersama rombongannya kembali ke mobil dinas masing-masing. Mereka berpindah tempat ke Kampung Nelayan Kenjeran.***

Penulis: Irfan Yulianto
Editor: Ahyar

Baca Juga