Kunjungan Kerja

Presiden Jokowi Kunjungi Korban Banjir Papua

Jakarta, Akuratnews.com – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana pergi ke Provinsi Papua untuk kunjungan kerja.

Berdasarkan keterangan tertulis yang dirilis oleh Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana tiba di Bandar Udara Sentani, Jayapura, Papua pada 13.30 Waktu Indonesia Tengah (WIT), Selasa (01/04/2019), Kepala Negara langsung menuju ruang tunggu utama untuk menerima paparan dari Gubernur Papua Lukas Enembe.

Selain itu, Presiden juga menyaksikan Penandatanganan Nota Kesepakatan tentang "Pemulihan Cagar Alam Pegunungan Cycloop, Danau Sentani, Daerah Aliran Sungai Sentani Tami" antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan sejumlah kementerian, lembaga, dan juga pemerintah daerah di Provinsi Papua.

Setelah itu, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju GOR Touware, Kampung Kwadeware, Distrik Waibu, Jayapura. Tiba pukul 14.15 WIT, Presiden berbincang dengan pengungsi korban banjir bandang yang melanda wilayah Sentani, Jayapura beberapa waktu lalu.

Berdasarkan pemberitaan Bisnis.com sebelumnya, banjir bandang melanda Sentani sejak 16 Maret 2019. Banjir melanda sedikitnya empat distrik di Kabupaten Jayapura, yaitu Sentani, Sentani Barat, Weibu, Raveninara, dan Depapre. Curah hujan yang tinggi dan alih fungsi lahan disinyalir menjadi penyebab banjir bandang.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melansir, curah hujan di Kabupaten Jayapura tercatat 114 mm per hari. Akibat terjangan banjir, sejumlah permukiman dan fasilitas militer terdampak limpahan pasir dan baru. di beberapa titik, timbunan pasir bahkan mencapai ketinggian 50 sentimer.

Penulis:

Baca Juga