Pidato Kenegaraan

Presiden Jokowi Minta Izin ke DPR Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Jakarta, Akuratnews.com - Rencana Presiden terpilih Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota nampaknya bukan isapan jempol belaka. Pasalnya Jokowi dalam penutup pidatonya di dalam sidang tahunan bersama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meminta izin untuk memindahkan ibu kota ke Pulau Kalimantan.

"Pada kesempatan yang bersejarah ini, dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak/Ibu anggota dewan yang terhormat, para sepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia. Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," ujar Jokowi dalam pidatonya di sidang tahunan DPD dan DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Jokowi mengungkapkan, bahwa ibu kota bukan hanya simbol identitas bangsa, tapi juga representasi kemajuan bangsa. Menurutnya pemindahan ibu kota ini untuk mewujudkan pemerataan.

"Simbol identitas bangsa, tapi juga representasi kemajuan bangsa," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan ibu kota negara Republik Indonesia akan pindah ke Kalimantan.

"Ibu kota negara kita akan pindah ke Pulau Kalimantan. Letaknya bisa di Kalteng, Kaltim, atau Kalsel," tulis Jokowi melalui akun Twitter-nya @jokowi, Kamis (8/8/2019).

Mantan Wali Kota Solo itu menambahkan, pemindahan ibu kota merupakan visi misi ke depan dari Indonesia sendiri. Kendati begitu, ia mengatakan seluruh pihak masih terus mengkaji pemindahan itu.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga