oleh

Presiden Nilai Kualitas Keterampilan Guru SMK Perlu Ditingkatkan

Depok, Akuratnews.com – Para tenaga pengajar di sekolah menengah kejuruan (SMK) diminta mampu untuk tingkatkan kualitas keterampilan di sekolah. Hal itu dinilai penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Demikian disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat menghadiri diacara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan yang berlangsung di Pusdiklat Kemendikbud, Depok, Selasa (12/2/2019).

Jokowi juga meminta agar sekolah menambah para guru terampil yang mengajar di SMK. “SMK kita guru-guru harus di upgrade terutama yang berkaitan dengan kemampuan skill, guru terampil harus lebih banyak dari guru normatif. Misal guru agama, pancasila, bahasa Indonesia. Itu harus lebih sedikit dan lebih banyak SMK itu guru-guru terampil, yang mampu melatih,” ujarnya.

Jokowi menjelaskan, peningkatan kualitas SDM secara besar-besaran ini menjadi fokus pemerintah saat ini setelah pembangunan infrastruktur dilakukan.

Pemerintah, kata Jokowi, akan fokus pada peningkatan kualitas sekolah vokasi, pemberian pelatihan, serta menambah balai latihan kerja di berbagai pondok pesantren.

“Kita ingin pendidikan yang fokus untuk ketrampilan bekerja, sangat penting sekali,” ucapnya.

Menurut Jokowi, pentingnya mengenalkan revolusi industri 4.0 kepada murid-murid. Sebab, peningkatan kualitas SDM yang sesuai dengan revolusi industri 4.0 akan meningkatkan daya saing negara.

Peningkatan daya saing ini akan mampu mendorong Indonesia dalam bersaing dengan negara lain. “Kuncinya ada di SDM kita. Apabila kita bisa mengupgrade secepat-cepatnya sehingga levelnya melebihi negara lain, ya itulah nanti yang memenangkan kita dalam bersaing,” tutur Jokowi.

Usai acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan yang berlangsung di Pusdiklat Kemendikbud, Depok, Jokowi lanjut menghadiri penyerahan bantuan PKH di gedung Graha Insan Cita di Sukmajaya, Depok.

Jurnalis: Eko Ahdayanto
Publisher: Ahmad

Loading...

Komentar

News Feed