Presiden Pertama Divaksin Sinovac, Jokowi Sebut Ini Ikhtiar Bangsa Lawan Covid-19

Jakarta, Akuratnews.com - Rabu (13/1) pagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah divaksin Covid-19 di Istana Negara, Jakarta.

Sesaat sebelum disuntikan vaksin, petugas mengukur tekanan darahnya. Kemudian, harus menjawab pertanyaan soal kondisi kesehatan terkini. Salah satu pertanyaan yang diajukan, apakah pernah terinfeksi Covid-19 atau tidak. Jokowi pun menegaskan tak pernah kena Covid-19.

"Tekanan darah saya diukur, 130/67 mmHg. Normal. Lalu saya ditanya: pernah terkonfirmasi positif Covid-19, pernah batuk atau pilek beberapa hari terakhir, pernah mengidap penyakit jantung, atau penyakit lain seperti ginjal? Dan lain-lain. Semua saya jawab tidak," kata Jokowi, Rabu (13/1).

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Jokowi pun divaksin Covid-19.

Dokter yang menyuntik Jokowi adalah dokter kepresidenan, Prof.dr. Abdul Muthalib.

Setelah jarum suntik memasukkan cairan vaksin di lengan kiri Jokowi, dokter bertanya 'bagaimana, pak?

Jokowi pun segera menjawab. "Hahaha nggak terasa sama sekali," kata Jokowi yang merupakan presiden pertama di dunia yang di vaksin Sinovac.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, vaksinasi corona yang dimulai hari ini merupakan ikhtiar bangsa Indonesia agar terbebas dari pandemi.

"Saudara-saudara sebangsa dan se tanah air. Pada pukul 9.42 WIB pagi ini, saya memulai ikhtiar besar sebagai warga negara Indonesia untuk terbebas dari pandemi ini dengan menerima vaksin Covid-19," kata Jokowi.

Ia pun berharap vaksinasi di seluruh Indonesia bisa berjalan lancar. Selain itu, Jokowi juga kembali menegaskan bahwa vaksinasi dilakukan setelah BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat dan MUI menyatakan vaksin Covid-19 produksi Sinovac ini suci dan halal.

Selain Presiden Jokowi, sejumlah pejabat dan wakil masyarakat juga menerima vaksin Covid-19. Ini daftarnya:

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mendiknas Nadiem Makarim, Panglima TNI, Kapolri, Ketua Satgas Covid-19, Kepala BPOM.

Ketua IDI Daeng M Faqih, Ketua PPNI Harif Fafilah, Ketua PP IBI Emi Nurjasmi,  Ahli vaksin milenial Dirgayuza Rambe, Ketua Satgas Covid-19 Muhammadiyah Agus Syamsudin, Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 M. Makky Zamzam, Najwa Shihab, dr Tirta, dr Reisa Broto, Bunga Citra Lestari, Raffi Ahmad.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi
Photographer:Setpres

Baca Juga