Profil dan Kisah Menarik Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan yang Tak Terlupakan

Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan, S.IK.,M.Si. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan memiliki sejumlah pengalaman menarik sebelum menjabat sebagai kapolres di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Seperti saat tahanannya terlepas waktu bertugas sebagai Kanit Buser Satreskrim di Polresta Tanjung Pinang Polda Kepri. Tahanan yang kabur tersebut adalah seorang tahanan narkoba.

"Saat tahanan diketahui kabur, saya dapat marah dari pimpinan di Polresta Tanjung Pinang agar tahanan itu kembali ditemukan," kata Iwan.

Kemudian lanjut Iwan, dirinya bekerja keras dengan menggunakan segala cara untuk menemukan tahanan itu, yang hampir 10 hari kabur.

"Berbagai cara sudah saya gunakan, namun tak membuahkan hasil. Jelang 10 hari pencarian, saya memutar otak agar tahanan itu kembali ditemukannya. Akhirnya punya ide dengan menghubungi pacar dari tersangka narkoba yang kabur itu," ungkapnya.

Dengan upaya-upaya membangun komunikasi dengan sang pacar seorang tahanan kabur itu, terus dilakukan Iwan dan akhirnya sang pacar dari tahanan tersebut mengungkap persembunyiannya.

"Sempat dimarahi sama komandan karena tahanan kami lepas, tapi saya tetap berupaya keras dan akhirnya saya dapat kembali. Inilah pengalaman pertama saya di kepolisian yang tak dapat saya lupa," kenang kapolres lulusan Akpol 2000/SS Polri Kepri Riau ini, Kamis (5/8/2021).

Pengalaman ditempatkan di daerah terpencil turut diceritakan Kapolres Sinjai kelahiran Semarang ini.

"Saya juga pernah ditugaskan di daerah terpencil yaitu di Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara pada Tahun 2008-2009 lalu," ungkapnya.

Ditempat itu, kata Iwan, sebagai daerah yang terpencil dengan penuh keterbatasan. Salah satunya jaringan listriknya yang hanya menyala sampai enam jam dan terkadang pagi sudah padam.

Keterbatasan itu tentu menghambat kerjanya di kantor, meski ada mesin genset namun tak dapat maksimal saat itu.

Sebagai daerah pemekaran yang baru, tentu fasilitas tidak cukup di kabupaten tersebut, termasuk jumlah penduduk hanya daerah-daerah tertentu saja yang dihuni manusia. Sebab daerah tersebut alamnya masih alami, sehingga jumlah monyet lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk.

Jauh dari hiruk pikuk kota, dirinya juga kerap dilanda dengan kesunyian. Apalagi kampung asalnya daerah kota metropolitan di Jawa Tengah.

"Jika jenuh, saya ajak teman-teman naik sepeda atau patroli, biar terasa segar kembali bertugas. Bahkan tidak jarang saat saya menjabat Kabag Ops patroli melintasi batas wilayah hingga ke Luwu Timur, Sulawesi Selatan untuk menemukan inspirasi," ucap Iwan.

Dia juga mengaku bahwa sering bersilaturahmi di rumah Bupati Andi Hatta Marakarma. Sebab putra bupati pertama yaitu Andi Hatta Marakarma merupakan satu angkatan di Akpol.

Kapolres Sinjai yang humanis ini memiliki prinsip hidup serius tapi santai dan bijaksana.

"Saya sering katakan sama anggota, silahkan santai tapi selesaikan dulu tugasmu. Kalau sudah selesai tugas, maka kemanapun boleh dan bisa santai," katanya.

Iwan mengungkapkan bahwa satu hal yang paling prinsipil sebagai pandangan hidupnya, yakni kalau orang lain bisa, maka kita juga harus bisa .

"Semua itu adalah dasar kasih karena almarhum bapak saya, walaupun tentara tetapi hatinya lembut. Beliau pesankan kepada saya, pada saat kau menjabat, tolong bantu masyarakat kecil, anak-anak yatim piatu atau berkebutuhan," ucapnya.

Atas prinsip hidup yang dia terapkan itu didalam kehidupan sosial, kapolres yang dikenal dermawan ini mendapatkan sejumlah penghargaan, salah satunya penghargaan Polisi Sahabat Anak dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

DATA DIRI :

Nama : AKBP Iwan Irmawan, S.Ik, MSi
TTL : Semarang, 16 Mei 1979

SDN Sawinggaling VIII Surabaya Tahun 1991
SMPN 1 Surabaya Tahun 1994
SMAN 6 Surabaya 1997

ORANG TUA :
Ayah : Almahrum Letkol (Purn) Soekardjo. Meninggal Januari 2018 dan dimakamkan di TMP Surabaya. (Pahlawan Nasional Trikora).
Ibu : E Sulami (pensiunan PNS).

KARIER :
- Karier Pama di Polda Riau dan Kepulauan, Lulus Akpol 2000/SS.
- PTIK/S1 di Polda Sultra, PTIK Angkatan 50/2008.
- Jabat Kabag Ops Polres Kolaka Utara
- S2 UI (Beasiswa Polri) di Polda Jateng
- Sespimmen Angkatan 56 TA 2016.
- Kapolres Sinjai (sekarang). ***

Penulis: Ashari

Baca Juga