Proses Tagihan Dana Proyek Pemkot Depok Disoal

Depok, akuratnews.com- Mitra kerja Pemerintah Kota Depok pada kegiatan pembangunan sarana insfrastruktur di wilayah Depok merasa resah akibat proses pembuatan Jaminan Pemeliharaan (Jampel) kegiatan proyek tak kunjung cepat selesai.

Lambatnya proses penyelesaian berkas Jampel yang dikeluar pihak Bank Jabar Banten (BJB) cabang Depok, dinilai memperlambat proses tagihan proyek dan berdampak pada molornya waktu pencairan dana proyek bagi kontraktor di Depok.

"Di BJB tadi saya sempat marah juga ke pegawainya saat pertanyakan berkas Jampel yang masih belum jadi sejak 6 Agustus 2019 lalu. Bahkan saya juga sempat bicara akan pindah bank jika prosesnya sampai masih lambat", ucap salah seorang pengusaha jasa kontruksi di Depok, B Purnama, Kamis,(15/8/2019).

Didepan kantor Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Depok, Purnama menuturkan saat siang hari tadi, pegawai BJB hanya beri info kalau berkas Jampel masih terdapat kekeliruan dalam perhitungan total nilai biaya Jampel yang harus disetor ke BJB.

Padahal, menurut Purnama, pada beberapa hari sebelumnya pegawai BJB hanya informasikan kendala keterlambatan proses lantaran adanya pergantian posisi jabatan di BJB.

Dirinya mengatakan tahun 2018 lalu proses pembuatan bisa selesai dengan 2-3 hari kalender kerja. Tapi kalau sekarang sudah hampir dua minggu Jampel masih belum selesai juga.

Dampaknya pihak dinas tidak akan tindaklanjuti proses tagihan proyek sebelum berkas Jampel yang dikeluarkan dari BJB selesai dan terlampir dalam berkas tagihan proyek.

"Kalau berkas Jampel belum ada, otomatis proses pembuatan Mutual Check (MC) dan tahapan lainya ya belum bisa lanjut diproses" jelas kontraktor yang mengaku kerjakan kegiatan proyek di PUPR Depok.

Kalau seperti ini, kata Purnama, berkas tagihan proyek jadi macet dan proses pencairan dana dari hasil kerja proyek juga semakin lama bisa dicairkan.

Hal senada juga diungkapkan Tomo, yang juga sebagai kontraktor di Depok. Dirinya juga mengaku alami hal yang sama saat pengurusan Jampel di BJB Depok.

"Tahun lalu, prosesnya tidak lama seperti di tahun ini. Sekarang paling hanya nomor Jampel saja yang bisa lebih cepat dikeluarkan. Kalau berkas Jampel masih harus menunggu lebih lama. Bisa sampai tujuh hari kerja bahkan lebih baru bisa selesai", pukasnya.

Seperti diketahui, berkas Jampel merupakan surat jaminan yang berfungsi untuk menjamin pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan yang diberikan oleh penyedia pekerjaan konstruksi atau pengadaan jasa lainnya guna memperbaiki kerusakan pada pekerjaan setelah pelaksanaan pekerjaan selesai sesuai dengan yang diperjanjikan dalam kontrak kerja.

Penulis: Eko Ahdayanto
Editor: Ahmad Ahyar

Baca Juga