Kriminal

PSI Pecat Caleg yang Gelapkan Uang Koperasi Untuk Judi

Jakarta, Akuratnews.com - Calon legislatif (Caleg) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berinisial SD, yang menggelapkan uang milik koperasi senilai Rp 800 juta lebih untuk judi, dipecat dari pencalegan dan kader partai.

“Saat PSI mengetahui bahwa ada kasus hukum penggelapan dana, dengan cepat, PSI mengambil tindakan, yaitu melakukan pemecatan, tanpa harus menunggu pengunduran diri dari caleg bersangkutan dan menunggu putusan pengadilan,” kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PSI, Satia Chandra Wiguna, Rabu (3/4/2019).

Satia mengatakan ketika PSI melakukan proses rekrutmen caleg secara terbuka, tidak ditemukan adanya kasus hukum dari SD. Termasuk laporan masyarakat. Begitu juga halnya, ketika PSI telah menyetorkan nama SD ke KPU tidak ada keberatan dan aduan masyarakat.

“Karena secara ketentuan, ketika masih proses DCS, KPU wajib mengekpos ke publik untuk menerima masukan, apakah ada caleg yang terlibat kasus hukum. Ketika tidak aduan, maka dilanjutkan kepada penetapan DCT,” katanya.

PSI selanjutnya akan menyurati KPUD Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, agar caleg atas nama Sudar, Caleg DPRD Landak Dapil 1 Nomor Urut 5, untuk dicoret dari DCT dan Kertas Suara.

“PSI mengajak semua elemen masyarakat mengawasi dan melaporkan caleg dan pengurus PSI di semua tingkatan. Jika ada yang melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum dan nilai-nilai PSI, kami akan lakukan tindakan-tindakan tegas,” tuturnya.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga