PT. BJS Bangun Pabrik Sawit di Morowali

Morowali, Akuratnews.com - Perusahaan Perseroan Terbatas (PT) Bukit Jejer Sukses (BJS) secara resmi membangun pabrik sawit di Morowali. Hal itu ditandai digelarnya, acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik di Desa Topogaro, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali, Propinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin, (16/09/2019).

Kegiatan tersebut, dihadiri Bupati Morowali Drs.Taslim, Anggota DPR RI terpilih Drs.H.Anwar Hafid, Kepala BPM PTSP Siti Asmaul Husna, Kadis Pertanian Morowali Andi Irman, Ketua Akasindo Sulteng Siswanto, Camat Bungku Barat Drs.Abdurahman, Camat Bumi Raya Abd Malik, Kapolsek Bungku Barat Iptu P. Subakti, Pimpinan PT.Tunas Harapan Baru (THB) Beny, Direktur PT. BJS Kuncoro, Kepala Perusda Morowali Beny, Kepala Desa, Ketua BPD dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Bungku Barat

Direktur PT. BJS, Kuncoro dalam sambutannya mengatakan, kehadiran perusahaan untuk membangun pabrik sawit permintaan masyarakat. Meski sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah daerah (Pemda) Morowali, pihaknya sempat mengalami kendala karena belum mendapat investor.

“Pabrik kelapa sawit yang akan dibangun berkapasitas 60.000 ton perhari. Apabila pabrik sudah berjalan, perusahaan akan membayar atau mebeli bahan baku ke petani sawit dengan jumlah anggara pembelian sekitar 2 milyar perhari,” ungkap Kuncoro.

Melalui kesempatan itu pula, Kuncoro berharap kepada seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan dapat bersinergi untuk mengembangkan pabrik kelapa sawit ini. Ia beralasan, karena PT. BJS tidak mempunyai lahan inti kepala sawit olehnya perusahaan akan membeli sawit ke masyarakat.

“Diuntungkan dalam hal ini adalah masyarakat. Sehingga, saya mengajak semua pihak untuk mendukung pembangunan pabrik kelapa sawit, agar dapat terbangun sesuai jadwal yang diperkirakan selesai dan diresmikan pada bulan mei 2020,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Drs.H.Anwar Hafid Anggota DPR RI terpilih, selaku tokoh masyarakat berharap pihak PT.BJS serius untuk membangun pabrik kelapa sawit untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Morowali, khususnya di Kecamatan Bungku Barat dan Bumi Raya.

“Saya mensuport pihak perusahaan dalam pembngunan pabrik kelapa sawit, dan siap menghadiri kembali peresmian pabrik kelapa sawit di tahun depan nanti. Adanya dukungan Bupati Morowali saat ini, sangat membantu dalam proses pembangunan pabrik kelapa sawit PT. BJS. Saya berharap agar masyarakat memberikan kesempatan kepada Bupati Morowali untuk berbuat membangun Morowali agar lebih baik dan lebih maju,” ucap mantan Bupati Morowali dua periode ini.

Sementara itu, Bupati Morowali Drs.Taslim, disela-sela sambutannya mengatakan, perjuangan pembangunan pabrik sawit sudah lama direncanakan, perlu kita syukuri dapat terbangun pada tahun ini. Ini merupakan wujud cara kita menunaikan tanggung jawab besar dalam membangun ekonomi diwilayah Morowali.

“Kita tidak dapat berkembang, apabila tidak ada investor. Maka dari itu, kondisi keamanan yang sangat mendukung untuk keamanan investasi perlu kita jaga bersama. Mari kita dukung bersama pembangunan pabrik kelapa sawit PT. BJS,” tandas Bupati Morowali.

Penulis: Wardi Bania
Editor: Redaksi

Baca Juga