Diprediksi Terjadi Lonjakan Penumpang

PT KAI Daop 1 Jakarta Konsisten Terapkan Prokes

Jakarta, Akuratnews.com - Libur panjang yang dimulai sejak Tahun Baru Islam 1442 Hijriah pada Kamis (20/8/2020) ditambah dengan libur akhir pekan Sabtu dan Minggu telah berakhir.

Berakhirnya libur panjang memicu peningkatan penumpang kereta api (KA) hingga sekitar 88 persen di stasiun area PT KAI Daop 1 Jakarta dibandingkan akhir pekan lalu.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa memaparkan, jumlah penumpang KA pada Sabtu, Minggu dan Senin (22-24 Agustus 2020) mencapai sebanyak 19.857 penumpang.

Penumpang KA Jarak Jauh itu turun di area Daop 1 Jakarta, seperti Stasiun Karawang, Cikampek, Bekasi, Jatinegara, Gambir dan Pasarsenen.

Sedangkan jumlah penumpang pada Sabtu, Minggu dan Senin (15-17 Agustus 2020) mencapai sebanyak 10.586 penumpang.

"Saat ini prediksi kedatangan penumpang tertinggi di area Daop 1 Jakarta terjadi pada tanggal 24 Agustus 2020, yakni sebesar 9.011 penumpang," ungkap Eva Chairunisa dalam siaran tertulis pada Minggu (23/8/2020).

Adapun mayoritas KA tersebut adalah kereta-kereta yang berangkat pada tanggal 23 Agustus 2020 dari sejumlah wilayah di luar area Daop 1, seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sedangkan untuk jumlah KA yang datang ke area Daop 1 Jakarta terdapat 39 KA, di antaranya sebanyak 21 KA ke Stasiun Gambir dan sebanyak 18 KA tiba di Pasarsenen.

PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan bahwa pengguna KA yg tiba adalah penumpang yang sudah mengikuti persyaratan.

Antara lain melampirkan surat keterangan rapid test dan pengecekan suhu tubuh normal yang dilakukan secara berkala sejak dari stasiun keberangkatan baik dari area Jawa Timur, Jawa Tengah atau jarak menengah lainnya, seperti Bandung dan Cirebon.

Hal tersebut merupakan SOP yang wajib dilakukan untuk keseluruhan pemberangkatan KA semua stasiun.

Selain itu, sebagai upaya pencegahan covid 19 para pengguna tetap diwajibkan menggunakan Faceshield saat tiba di stasiun tujuan, dan dihimbau untuk memakai baju lengan panjang.

Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika sewaktu2 diperjalanan kedapat penumpang dengan suhu tubuh 37,3 atau lebih.

"Selanjutnya penumpang dengan kondisi tersebut akan diturunkan di Stasiun terdekat yg memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan," jelasnya.

PT KAI Daop 1 juga memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid 19 juga dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta.

Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali.

Selain itu, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_

Penulis: Redaksi

Baca Juga