PT. Santos Jaya Abadi dan PMI Sidoarjo Gelar Cek Kesehatan Gratis

Bupati Saiful Ilah (berkopyah) didampingi Sekda Achmad Zaini (berdiri) saat menemui tim medis akan melakukan cek kesehatan dalam kegiatan bakti sosial di kawasan PT SAJ Taman, Sidoarjo. (foto: dok. Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, pihak manajemen dan pekerja PT Santos Jaya Abadi (SAJ), Taman Sidoarjo bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sidoarjo menggelar bakti sosial berupa donor darah dan cek kesehatan gratis bagi warga di sekitar lingkungan perusahaan yang memproduksi kopi instan ini.

Kegiatan bakti sosial tersebut dibuka Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, didampingi Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini dan jajaran Forkopimda Sidoarjo, bertempat di kawasan PT SAJ, Sabtu (5/9/2019).

Dalam sambutannya, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT SAJ, Yudi Setyo Prabowo mengatakan, kegiatan donor darah dan cek kesehatan gratis ini bertujuan untuk membantu sesama lewat setetes darah dan menjaga kesehatan pribadi.

"Tujuan kegiatan bakti sosial ini mewujudkan rasa peduli sesama melalui setetes darah, sekaligus menjaga kesehatan diri sendiri," ucapnya.

Kemudian, Sekda Achmad Zaini selaku Ketua PMI Sidoarjo menjelaskan, PT SAJ secara rutin mengadakan donor darah. Maka itu, para pendonor tidak perlu merasa khawatir, karena seluruh data transfer tersimpan di kantor PMI Sidoarjo.

"Selain itu, selama ini stok transfusi darah PMI Sidoarjo telah melayani permintaan dari sejumlah rumah sakit, termasuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo," lanjutnya.

Ditambahkan, PMI Sidoarjo kini sudah mengantongi sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). "PMI Sidoarjo adalah satu-satunya daerah yang bukan ibukota provinsi dari sembilan daerah bersertifikasi BPOM," cetusnya.

Sementara itu, Bupati Saiful Ilah mengapresiasi terselenggaranya kegiatan donor darah ini karena memiliki peran aktif dan sinergi dalam meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat, terutama di bidang kesehatan.

"Kegiatan ini diharapkan, bisa jadi contoh perusahaan lain di Kabupaten Sidoarjo, yakni peduli sesama dengan menggunakan cara sederhana, semisal donor darah, agar Sidoarjo tidak kekurangan stok darah," sambungnya. (*)

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga