Liga Champions 2018/2019

Pukul Balik 4-0, The Reds Kubur Langkah Barca ke Final

Liverpool, Akuratnews.com  - Hanya butuh bermain imbang atau kalah dengan selisih dua gol saja, Barcelona malah gagal menyelesaikan misi mereka di Stadion Anfield.

Dan keajaiban itu akhirnya terjadi bagi Liverpool. Skuad asuhan Jurgen Klopp ini melangkah ke final Liga Champions 2018/2019 setelah mengubur asa Barcelona melangkah ke final Liga Champions 2018/2019 pada Selasa (7/5) waktu lokal atau Rabu (8/5) dini hari WIB.

The Reds akhirnya mampu mencetak empat gol (4-0) tanpa balas untuk membalikkan keadaan setelah tertinggal 0-3 di leg pertama. Liverpool pun menang dengan agregat 4-3 atas Barca.

Tampil dominan di Anfield, pasukan Klopp unggul cepat 1-0 di babak pertama dan menambah tiga gol selanjutnya di babak kedua. Divock Origi dan pemain pennganti Georginio Wijnaldum menjadi pahlawan kemenangan Liverpool.

Origi memecah kebuntuan di babak pertama atau menit ketujuh. Bermula saat Jordi Alba yang menyapu bola, namun justru jatuh ke kaki Henderson yang melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya namun berhasil dihalau kiper Barca, Ter Stegen. Namun, bola muntah berhasil dimaksimalkan Origi menjadi gol.

Wijnaldum menambah dua gol pada babak kedua atau menit ke-54 dan 56. Wijnaldum menjadi pemain pengganti pertama yang mencetak dua gol dalam pertandingan Liga Champions untuk Liverpool sejak Ryan Babel melawan Besiktas pada 2007. Dia juga pemain pengganti pertama yang mencetak dua gol melawan Barca di kompetisi ini.

Origi juga menjadi penentu kemenangan Liverpool lewat golnya di menit ke-79. Bermula sepak pojok Trent Alexander-Arnold yang melakukan gerakan tipuan dan melepaskan tembakan tepat ke depan gawang Barca yang langsung disambar Origi.

Usai pertandingan, pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengaku terkejut dengan permainan Liverpool.

Menurutnya, skuad Juergen Klopp tampil beda dan penuh kejutan, sehingga strategi yang disiapkannya tak berjalan baik.

"Itu mengerikan. Kami benar-benar minta maaf. Semua yang kami lakukan adalah untuk memuaskan para fans dan membawa sukacita bagi mereka sehingga mereka bisa bangga dengan para pemain," kata Valverde seperti dilansir laman resmi UEFA.

Bagi The Reds, ini final Liga Champions kesembilan mereka. Posisi pertama masih dipegang Real Madrid (16), Milan (11) dan Bayern Muenchen (10).

Di final yang bakal digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Liverpool akan berjumpa pemenang semifinal lainnya yang digelar Rabu antara Ajax Amsterdam versus Tottenham Hotspur. Ajax memimpin 1-0 di leg pertama di London.

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3):

Alisson Becker; Robertson (Georginio Wijnaldum 46), Van Dijk, Matip, Alexander-Arnold; Milner, Fabinho, Henderson; Origi, Mane, Shaqiri.
Cadangan: Mignolet, Wijnaldum, Lovren, Gomez, Sturridge, Brewster, Woodburn
Pelatih: Jurgen Klopp.

Barcelona (4-3-3):

Ter Stegen; Jordi Alba, Lenglet, Pique, S. Roberto; Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Aturo Vidal (Arthur 75); Coutinho (Nelson Semedo 60), Messi, Suarez.
Cadangan: Arthur, Samuel Umtiti, Jasper Cillessen, Malcom, Thomas Vermaelen, Nelson Semedo, Carles Alena
Pelatih: Ernesto Valverde.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga