Puluhan Karyawan Bank Danamon Unjuk Rasa Di Medan.

Puluhan karyawan yang tergabung dalam SP Danamon saat unjuk rasa didepan kantor Bank Danamon Jalan Diponegoro Medan, Senin (26/11/2018)

Medan, Akuratnews.com - Puluhan karyawan yang yang tergabung dalam Sarikat Pekerja Danamon melakukan unjuk rasa. Usai di DPRD Sumut unjuk rasa berlanjut di Kantor Bank Danamon Wilayah VI, Jalan Diponegoro, Medan, Senin (26/11/2018).

Pantauan dilapangan, sejumlah karyawan terlihat mengenakan busana tradisional etnik Sumatra Utara, seperti Batak dan Melayu. Ada pula yang berpenampilan ala "sigale-gale". Mereka berbaris rapi didepan gerbang kantor Bank Danamon sambil berorasi.

Massa tiba di depan kantor wilayah Bank Danamon sekitar pukul 12.00 Wib. Aparat kepolisian yang bersiaga menjaga pengamanan serta merta menutup pintu gerbang mencegah para demonstran untuk tidak memasuki areal kantor.

Akibatnya massa hanya bisa berkerumun di sepanjang Jalan Diponegoro. Persis di depan gedung Kanwil Keuangan. Satu per satu karyawan berorasi meneriakkan tuntutan mereka, terutama penolakan terhadap pemecatan atau PHK massal.

"Tolak PHK massal, kalau Danamon mau memecat kita, ayo lakukan dengan benar. Bukan semena-mena. Bayarkan hak karyawan sebesar 3,75 kali Peraturan Menteri Tenaga Kerja. Batalkan Perjanjian Kerja Bersama yang dibuat oleh serikat pekerja gadungan," kata Sekjend Serikat Pekerja, Muhammadiyah Afif, dalam orasinya.

Meski karyawan yang berdemonstrasi didepan kantor, operasional Danamon dan pelayanan nasabah di kantor wilayah tetap berlangsung normal.

Regional Marketing Danamon, Tengku Amelia mengatakan kepada wartawan, saat ini pelayanan kepada nasabah tetap berjalan normal. Karena Pimpinan Wilayah Riana Suwagiat tengah berada di Jakarta, kemungkinan serikat karyawan akan diterima Jaruddin Silvanus (Region Transsection Service Head) atau pejabat lainnya untuk berdialog.

Saat berita ini ditulis, dialog antara serikat karyawan dengan pihak pejabat Danamon Wilayah VI belum berlangsung. Masih menunggu kesediaan pihak Pimpinan Wilayah. Para pengunjuk rasa masih bertahan didepan kantor Danamon yang persis berada diseberang Gedung Keuangan Jalan Diponegoro Medan. (HSP)

Penulis:

Baca Juga