Puluhan Ribu Orang Ikuti Pawai Santri Nusantara di Sidoarjo

Bupati Saiful Ilah, didampingi Ketua DPRD, Usman saat berdiri sembari melambaikan bendera merah putih di atas mobil klasik terbuka. (foto: Dok. Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Untuk memetik pelajaran besarnya pengorbanan para kyai dan santri mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), digelarlah "Pawai Santri Nusantara" tahun ini.

Hal itu dikemukakan Ketua Pantia Peringatan Hari Santri 2019, H. Roni Yudianto di sela-sela kegiatan pawai yang diberangkatkan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah itu, bertempat di Alun-alun Sidoarjo, Minggu (20/10/2019).

"Pawai yang diikuti puluhan ribu peserta ini puncak dari rangkaian acara peringatan Hari Santri, sejak 16 Oktober dan bakal berakhir 22 Oktober mendatang," jelasnya.

Dalam sambutan jelang pemberangkatan pawai, Bupati Saiful Ilah menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud peran serta dan komitmen umat Muslim Sidoarjo dalam pembangunan yang dilandasi semangat kebhinnekaan dan gotong-royong.

"Mari kita bersama peduli persoalan bangsa dan lingkungan di sekitar kita. Terus kita tingkatkan kualitas diri serta perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan NKRI yang makmur dan sejahtera," ajaknya.

Tak mau ketinggalan, Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho mengungkapkan, pihaknya juga menurunkan satu peleton Al-Banjari dan Asmaul Husna mengikuti pawai tersebut.

"Polresta mengikutsertakan satu peleton Al-Banjari dan Asmaul Husna dalam pawai ini, karena polisi juga termasuk Santri," ujarnya.

Kegiatan pawai ini diikuti puluhan ribu santri dari sejumlah pondok pesantren di Sidoarjo, anggota beberapa ormas di bawah bendera Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo, serta barisan Polisi dan Polwan dari Polresta Sidoarjo.

Rute pawai tersebut: Alun-alun - Jl. A. Yani - Jl. Gajah Mada - Jl. Sisingamangraja - Jl. Teuku Umar - Alun-alun. (*)

Baca Juga