Puluhan Tahanan Baru di Rutan Depok Jalani Pemeriksaan Ketat

Kepala Pengamanan Rutan Depok Nu'man Fauzi saat berikan pengarahan kepada para tahanan baru di Rutan Depok
Kepala Pengamanan Rutan Depok Nu'man Fauzi saat berikan pengarahan kepada para tahanan baru di Rutan Depok

AKURATNEWS- Sebanyak 44 orang tahanan baru yang diterima Rutan Kelas I Depok sebagai titipan dari Kejaksaan Negeri Depok diwajibkan melalui proses pengecekan yang katat.

Kepala Rutan Kelas I Depok Andi Gunawan menyebut, semua tahanan yang baru diterima, semuanya di cek kondisi kesehatan fisik dan psikisnya oleh tim medis.

“Setelah pengecekan kesehatan, dijelaskan pula tata tertib di dalam rutan. Kemudian petugas registrasi melakukan pencatatan data identitas tahanan dan barang yang dibawa,” ucap Andi Gunawan, Jumat (15/4).

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, para tahanan baru juga ditempatkan di kamar karantina selama 14 hari, meski sudah dinyatakan negatif dari pemeriksaan kesehatan.

“Selesai menjalani masa karantina, mereka akan dipindahkan ke kamar masa pengenalan lingkungan (Mapenaling) untuk dilaksanakan asesmen minat bakat dan jadwal kegiatan harian, serta pembinaan di rutan,” jelasnya.

Andi menjelaskan, 44 tahanan baru tersebut berasal dari Polres dan semua Polsek dibawah Polres Metro Depok. Kecuali Polsek Bojonggede, karena memang belum ada tahanan titipan di Polsek tersebut.

“Dari jumlah tersebut, 16 orang perkara narkotika, sisanya perlindugan anak, dan KUHP,” ujar Andi.

Dengan demikian, penghuni Rutan Kleas I Depok saat ini yakni 1.167 tahanan, dengan berbagai perkara. "Jumlah penghuni per hari ini yaitu 1.167 orang,” tutupnya.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga