Puluhan Tahun Rusak, Jalan Ini Mulai Diperbaiki

Kondisi sebagian besar box culvert sudah terpasang sepanjang jalan yang akan ditinggikan. (akuratnews.com)

Sidoarjo, akuratnews.com - Selama puluhan tahun, kondisi jalan sepanjang ratusan meter di Desa Dukuh Tengah, Kecamatan Buduran, Sidoarjo tampak rusak parah, akibat terendam air saat musim penghujan. Dalam waktu dekat, pemandangan serupa tak bakal terlihat lagi.

Pasalnya, tahun ini Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PU-BMSDA) Sidoarjo telah merealisasikan proyek peningkatan jalan di kawasan tersebut.

Pantauan Akuratnews.com di lokasi, Selasa (19/11/2019), pihak pelaksana proyek CV Jaya Wibowo, Sidoarjo tengah sibuk melakukan pengerukan dan pemasangan box culvert di sisi kanan kiri badan jalan. Box culvert ini berfungsi untuk meminimalisir terjadinya genangan di permukaan jalan, sekaligus memperlancar aliran air ke sungai.

Dalam kesempatan ini, seorang Perangkat Bagian Perencanaan Pemerintah Desa (Pemdes) Dukuh Tengah, Moch. Naam mengapresiasi terealisasinya proyek peningkatan jalan itu.

"Terus terang, saya sebagai warga merasa senang, karena jalan yang rusak akibat banjir setiap musim penghujan itu mulai diperbaiki. Sebenarnya, pihak Pemdes mengajukan perbaikan jalan itu berulangkali, bahkan tiap tahun, sejak puluhan tahun lalu. Alhamdulillah, terlaksana sekarang," ungkapnya tersenyum.

Ketika disinggung mengenai hasil pekerjaan sementara, Naam menilai baik dan cepat.

"Ya, saya lihat dari cara kerjanya, kontraktor yang mengerjakan proyek itu sepertinya memiliki jam terbang tinggi. Soalnya, pengerukan dan pemasangan box culvert yang dilakukan mereka itu cepat dan tepat, bila dibanding dengan pengerjaan proyek sama di desa sebelah, lamban," aku pria paruh baya ini.

Penulis: Wachid Yulianto
Editor:Hengki

Baca Juga