Sukseskan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

PWI Jatim dan Fikom Unitomo Surabaya Teken MoU

Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim (3 dari kiri) dan Dekan Fikom Unitomo Surabaya, Harliantara (3 dari kanan) saling berjabat tangan, seusai menandatangani MoU.
Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim (3 dari kiri) dan Dekan Fikom Unitomo Surabaya, Harliantara (3 dari kanan) saling berjabat tangan, seusai menandatangani MoU.

AKURATNEWS - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas dr. Soetomo (Fikom Unitomo) Surabaya telah menjalin kerja sama menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Jalinan kerja sama yang bertujuan untuk mencetak lulusan mahasiswa siap memasuki dunia kerja itu, ditandai dengan penandatanganan MoU oleh kedua belah pihak di Kampus Unitomo, Surabaya, Kamis, 23 Juni 2022.

Seusai penandatanganan MoU, Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim, didampingi Wakabid Organisasi, Machmud Suhermono dan Sie Pendidikan, Rossi Rahardjo mengemukakan, sebenarnya insan pers itu tidak hanya  menjalankan tugas jurnalistik, tapi juga menebarkan ilmu yang dikuasainya.

"Semisal, memperkenalkan ilmu jurnalistik kepada masyarakat, termasuk kalangan mahasiswa. Di sini, teman-teman mahasiswa Fikom Unitomo bisa langsung terjun ke lapangan. Baik dalam kegiatan PWI Jawa Timur maupun media massa yang ada di Jawa Timur," terangnya.

Ditambahkan, selama ini banyak lulusan mahasiswa kesulitan menyesuaikan diri saat menjadi wartawan, lantaran minimnya pengetahuan. Terutama, mengenai kondisi riil di lapangan.

"Mengingat, ritme kerja di media massa berbeda dengan sektor lain. Ya, musti lebih cepat menyesuaikan diri, karena tiap hari bertemu narasumber yang beragam," ujarnya.

Berkaitan hal tersebut, Dekan Fikom Unitomo Surabaya, Harliantara sangat mengapresiasi dan mendukung langkah PWI Jawa Timur itu.

"MoU ini membuktikan, PWI Jawa Timur terbilang peduli dunia pendidikan untuk melahirkan generasi bangsa yang berpotensi," ucapnya.

Maka itu, sambung Harliantara, pihaknya nanti bakal menghadirkan para praktisi media massa dari PWI Jawa Timur untuk berbagi ilmu dan pengalaman di tengah mahasiswa.

"Teori di kelas berbeda dengan kondisi di lapangan. Bila mahasiswa sudah menguasai ilmunya, tentu mereka siap terjun ke lapangan," tuturnya.

Selanjutnya, pria yang akrab dipanggil Harley Prayudha ini pun mengatakan, Fikom Unitomo siap membantu para wartawan yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi.

"Kami memiliki konsentrasi di Media Studies, baik bagi jenjang S1 maupun S2," pungkasnya.***

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Wahyu Wicaksono

Baca Juga