PWI Jaya Selenggarakan Orientasi Wartawan Angkatan I di 2019

Foto: Hugeng Widodo/Akuratnews.com.

Jakarta, Akuratnews.com - Pengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya periode 2019-2024, secara perdana menyelenggarakan Orientasi Wartawan, bagi wartawan Jakarta dan Tangerang. Kegiatan Orientasi, digelar selama satu hari di Kantor Pusat PWI Jaya, Gedung Bank DKI, Lantai 9 Jakarta Pusat (6/7).

Dalam sambutannya Sekretaris PWI Jaya Kesit B Handoyo, mengatakan untuk orientasi kali ini merupakan angkatan pertama untuk periode pengurusan 2019-2024, yang telah dilantik oleh Ketua Umum PWI Pusat di Balaikota 2 Juli 2019.

"Kepengurusan sendiri terbentuk 16 Mei 2019. Kita membatasi setiap angkatan, untuk angkatan pertama sekitar 48 peserta. Biasanya 40, ada tambahan 8 kita terima walaupun pasti sedikit agak tidak nyaman di jumlah yang besar ini," ujarnya, di hadapan peserta Orientasi.

Lebih jauh, Kesit, mengungkapkan untuk pendaftar sesungguhnya telah masuk sekitar 70 pendaftar. Namun, dikarenakan persyaratan yang tidak bisa dipenuhi, pengurus PWI Jaya harus men-take out peserta tersebut.

"Kita take out karena kita terikat dengan peraturan mengenai badan hukum. Badan hukum media seperti ditetapkan Dewan Pers, badan hukum perusahaan pers. Kemudian jika ada yang tidak diakomodir belum sesuai dengan yang ditentukan Dewan Pers.

Orientasi tersebut bertujuan selain perekrutan anggota baru di DKI Jakarta pengurus ingin bahwa anggota PWI Jaya berkualitas.

"Kita tidak mengejar kuantitas agar anggota PWI Jaya benar wartawan yang profesional dan cakap di bidangnya," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PWI Jaya Sayid Iskandar Syah, menyampaikan peserta Orientasi angkatan pertama baginya sebagai kebanggan.

"Temen-temen punya keinginan besar dengan hadir pagi ini. Hal ini menyatakan sesungguhnya ingin bergabung menjadi anggota. Semoga niat anda bermartabat dan profesional," ungkapnya.

Dia menambahkan, di orientasi kaoi ini ada tiga materi yang diberikan. Pertama, terkait peraturan dasar dan rumah tangga. "Ini penting bagi temen, ketika bergabung dengan PWI. Ini menjadi landasan dan panduan dalam berorganisasi. Harus memahami sehingga tahu akan hak dan kewajiban," katanya.

Dia melanjutkan, sesi berikutnya mengenai hukum pers, kode etik jurnalistik, yang dianjurkan dengan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), Pedoman Pemberitaan Media Diberikan (PPMS), dan pengetahuan penulisan dasar.

"Ini penting karena diharapkan transfer knowledge akan menjadi panduan dan wawasan. Semoga, karya jurnalistiknya bagus dan profesional. Terakhir tuntutan profesi ini anda wajib bisa menulis," tegasnya.

Dalam orientasi ini turut dihadiri sekaligus sebagai pembicara, antara lain Sayid Iskandar Syah (Ketua Umum), Sakti Umbaran (Anggota Dewan Penasehat), Tubagus Adi (Wakil Ketua Bid. Kesejahteraan), Kansil Hasan (Komisi Kompetensi PWI Pusat).

Penulis:

Baca Juga