Raih Award, BAZNAS Bertekad Lebih Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Zakat

Berdasar penelitian terbaru yang dilakukan oleh Pusat Kajian Strategis Baznas pada tahun ini, program distribusi Baznas mampu mengurangi angka kemiskinan sebesar 28 persen. Program pemberdayaan ekonomi Baznas juga mampu mengubah mustahik menjadi muzakki sebesar 23 persen.

"Ini menunjukkan bahwa kehadiran zakat mampu mengubah status mustahik menjadi muzaki," katanya.

Peningkatan kesejahteraan dilakukan melalui berbagai program pendistribusian dan pemberdayaan. Dalam program pendistribusian, Baznas melahirkan program sosial dan kemanusiaan melalui Layanan Aktif Baznas (LAB), sebuah program yang didedikasikan untuk secara aktif melayani mustahik yang membutuhkan bantuan segera.

Baznas Tanggap Bencana (BTB) telah dirancang untuk merespons dengan cepat terhadap bencana alam serta bencana sosial yang terjadi baik di Indonesia maupun internasional. Kehadiran Rumah Sehat Baznas (RSB), layanan kesehatan gratis yang didedikasikan untuk orang miskin, juga telah memperkuat layanan Baznas yang sangat baik untuk mustahik.

Baznas juga memiliki program pendidikan yang diyakini sebagai salah satu metode terbaik untuk menghentikan rantai kemiskinan. Baznas telah mendirikan sebuah sekolah menengah berasrama yakni Sekolah Cendekia Baznas (SCB) untuk memastikan kesinambungan pendidikan yang diterima oleh para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Yandi Permana
Editor: Redaksi

Baca Juga