Raih Penghargaan LKPD 2018 dengan Opini WTP, Bupati Sidoarjo Senyum

Bupati Saiful Ilah (berkopyah) saat menerima penghargaan LKDP 2018 dengan opini WTP yang diserahkan Wamenkeu Prof. Mardiasmo (paling kanan), disaksikan Gubernur Khofifah di Gedung Grahadi, Surabaya. (foto istimewa)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Penyusunan dan penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Sidoarjo Tahun Anggaran 2018 dinilai akuntabel oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Akhirnya, Pemkab Sidoarjo berhasil meraih penghargaan LKPD 2018 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Pemerintah Pusat.

Untuk yang keenam kalinya, Pemkab Sidoarjo menerima penghargaan LKPD dengan opini WTP tersebut. Kali ini, penghargaan diserahkan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Prof. Mardiasmo kepada Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, bertempat di Gedung Grahadi, Surabaya, Rabu (2/9/2019). Penghargaan serupa juga diberikan pada Pemprov Jawa Timur dan 36 Pemkab/kota di Jawa Timur.

Dalam kesempatan ini, Bupati Saiful Ilah menyatakan rasa syukur, karena LKPD 2018 Sidoarjo memperoleh opini WTP.  "Ini untuk keenam kalinya, Sidoarjo menerima penghargaan WTP berturut-turut, sejak LKDP 2013 hingga 2018 ini," ujarnya tersenyum.

Lebih lanjut, Bupati Saiful Ilah berharap, prestasi tersebut dipertahankan. Karenanya, manajemen pengelolaan keuangan daerah agar lebih ditingkatkan lagi.

"Jangan sampai merosot di tahun-tahun mendatang. Saya minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sidoarjo meningkatkan kinerjanya. Terlebih, raport kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Pemkab Sidoarjo mendapatkan predikat tertinggi nasional. Untuk diketahui, ini predikat terbaik yang pernah diraih Pemkab Sidoarjo," ucapnya.

Sementara itu, Wamenkeu, Prof. Mardiasmo mengatakan, opini WTP menggambarkan kondisi LKPD yang transparan dan akuntabel. "Meski begitu, ia menilai hasil LKPD jarang dianalisis  pemerintah daerah. Padahal, dapat digunakan untuk mengambil suatu keputusan," katanya. (*)

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga