Komunitas Banteng Asli Nusantara

Rakornas Kombatan Soroti Spirit Perjuangan 27 Juli

Rakornas Kombatan. (Foto Hugeng Widodo/Akuratnews.com)

Jakarta, Akuratnews.com - Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengurus seluruh Indonesia. Rakornas Kombatan ini digelar di Hotel Grand Cempaka, Jakarta pada Jumat (26/7/2019).

Rakornas Kombatan juga diisi dengan 'Diskusi Merdeka' bertemakan "Urgensi Konsolidasi ASN dan Badan Usaha Negara dalam Spirit Perjuangan 27 Juli 2019".

Rakornas Kombatan secara khusus menyoroti spirit perjuangan 27 Juli adalah momentum perubahan politik bagi bangsa Indonesia. Namun sayangnya perubahan politik itu masih belum cukup mampu memberikan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat. Dalam hal ini apa yang dilakukan oleh Badan Usaha Negara.

Jacobus K Mayong Padang membuka diskusi merdeka dengan memaparkan 2 poin penting terkait dengan kesejahteraan rakyat sejak terjadinya peristiwa besar 27 Juli yang merubah wajah politik di Indonesia.

Pertama, menurut Jacobus, Kesejahteraan rakyat masih menjadi persoalan bagi pemerintah saat ini khususnya dalam tata kelola ekonomi kerakyatan.

Kedua, bahkan saat ini, kesejahteraan menjadi ironis dalam tata kelola ekonomi yang masih menjadi problem terkait dengan tata kelola badan usaha negara dalam mengelola potensi sumber daya bagi kesejehtaraan masyarakat.

"Potensi alam kita yang sangat memadai bertolak belakang dengan tata kelola yang dilakukan oleh Pemerintah." ujarnya.

Berbeda dengan Jacobus, Dani Setyawan lebih menyoroti pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Jokowi sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi daerah.

Dani mengatakan, dalam pandangannya, pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintahan Jokowi menyasar kepada pembangunan yang berorientasi di luar jawa. Ini dapat dirasakan dampaknya dalam jangka waktu yang panjang.

"Jika dilihat dalam jangka pendek, mungkin rakyat masih belum bisa melihat dampak kesejahteraan dalam pembangunan infrastruktur di daerah," kata Dani. Namun, dalam jangka panjang, dampak kesejahteraan pembangunan di daerah-daerah akan terasa dan dapat dirasakan oleh Masyarakat.

Dalam hal ini, Kombatan menjadi salah satu organ pendukung pemerintahan dua periode yang dijalankan oleh Jokowi dan dalam hal ini, Kombatan meminta agar penerintahan Jokowi periode 2 tidak melupakan spirit perjuangan 27 Juli. Demikian Kombatan.*

Penulis:
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga