Peringatan HUT Sumut Ke 71

Rapat Paripurna Hanya Dihadiri Beberapa Anggota DPRD Sumut

(Akuratnews.com/hsp)

Medan, Akuratnews.com - Peringatan hari jadi provinsi Sumatera Utara ke 71 tahun 2019 dilangsungkan secara hikmad dan sederhana. Serangkaian acara digelar dalam rangkaian HUT-71 Provinsi Sumut, diawali dengan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan di Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (15/4/2019).

Pada kesempatan itu selain Gubsu Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur  Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah turut dalam rombongan Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Kepala Kepolisian Daerah Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Komandan Lanud Soewondo Kolonel Penerbang Dirk Poltje Lengkey, Komandan Lantamal I Laksamana Pertama Ali Triswanto, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Fachruddin, Walikota Medan Dzulmi Eldin, dan pimpinan OPD Pemprov Sumut.

Usai ziarah ke Taman Makam Pahlawan kegiatan dilanjutkan siang  dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sumut dalam rangka Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Utara ke 71 di Jalan Imam Bonjol Medan. Ditempat ini acara yang semula dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB  molor hingga berkisar pukul  10.30 WIB. Selain itu para anggota DPRD Sumut yang hadir mengikuti rapat paripurna tersebut dari pengamatan di ruangan acara diperkirakan hanya sekitar 33 orang saja.sehingga deretan kursi anggota dewan terlihat sepi.

Sementara itu pada deretan kursi undangan terlihat diisi  penuh oleh undangan, jajaran OPD Pemprov Sumut, pelajar, lurah dan kepala desa yang berprestasi, perangkat pemerintahan kabupaten/kota  hingga perwakilan negara sahabat.

Beberapa undangan terlihat menggunakan busana daerah yang ada di Sumateta Utara termasuk Gubsu dan Wagubsu, Ketua DPRD Sumut dan para OPD mengenakan busana adat Melayu.

Sementara itu dalam pidatonya, Gubsu Edy Rahmayadi  menyampaikan bahwa selain ungkapan syukur, peringatan hari jadi tersebut juga sebagai momentum introspeksi terhadap kendala program pembangunan yang berjalan. Sehingga hal itu dapat dijadikan peluang memproyeksikan Provinsi Sumatera Utara sebagai satu yang terbaik di Indonesia, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

"Selama 71 tahun perjalanan waktu Sumatera Utara tumbuh dan berkembang mencapai kemajuan tahap demi tahap. Di awal kemerdekaan provinsi ini beribukota di Medan, tepatnya 15 April 1948. Dengan Undang-undang Nomor 10/194 (Sumatera) ditetapkan menjadi tiga provinsi," ujar Gubernur.

Keberadaan Sumatera Utara, kata Gubsu, menjadi catatan penting karena provinsi ini tetap eksis dalam wilayah bekas Keresidenan Sumatera Timur dan Tapanuli.

"Karenanya keharmonisan masyarakat harus tetap terjaga, sebagaimana terjaganya jejak sejarah monumental yang diukir para pendahulu. Beberapa diantaranya yang membanggakan yakni Stadion Teladan (1951-1953) dalam rangka persiapan tuan rumah PON" sebut Edy.

Usia 71 tahun, ungkap Edy, menggambarkan pertambahan umur dan kemajuan berbagai bidang. Termasuk pendewasaan dalam aspek kehidupan sosial politik, terutama memaknai demokrasi dengan tetap menjaga keharmonisan antar elemen masyarakat.

"Oleh karena itu senantiasa kita harus menjaga toleransi dan taat azas pada peraturan Perundang-undangan. Sejalan dengan itu, kita tahu ini tahun politik. Saya mengajak semua berperan aktif menyukseskan pesta demokrasi ini," tambahnya.

Sebelumnya dalam sambutan pembukaan Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Utara ke 71 tersebut,  Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman menyebutkan bahwa visi Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat, bersamaan dengan misi mewujudkan masyarakat yang bermartabat dalam kehidupan, politik, pendidikan, pergaulan dan lingkungan.

Begitu pula sebagaimana disepakati dalam RPJMD bahwa prioritasnya adalah peningkatan kesempatan kerja dan berusaha, peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan, infrastruktur yang baik dan berawawasan lingkungan, penyediaan layanan kesehatan berkualitas serta peningatan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata.

Usai rapat paripurna Peringatan Hari Jadi ke 71 Provinsi Sumatera Utara dilanjutkan dgn resepsi di aula rumah dinas Gubsu Jalan Jendral  Sudirman Medan. Tampak hadir perwakilan negara2 sahabat di Medan, Forkopimda, para OPD, Bupati dan Walikota , ASN dan para undangan.

Baca Juga