Ogah Ajukan Banding

Ratna Sarumpaet Pasrah Kena Dua Tahun Penjara

Jakarta, Akuratnews.com - Terpidana kasus hoax Ratna Sarumpaet sepertinya sudah pasrah menjalani sisa hukuman yang dijatuhkan hakim selama kurungan dua tahun penjara. Atas hal itu, Ratna pun urung mengajukan banding.

Demikian disampaikan pengacara Ratna Sarumpaet, Desmihardi di Polda Metro Jaya, Selasa (16/7).

"Ibu memutuskan tidak akan lagi mengajukan banding. Dia akan menghabiskan masa tahanan saja," kata Desmihardi

Menurutnya, alasan kliennya tidak akan mengajukan banding, selain masa tahanan dua tahun itu sudah dijalan beberapa bulan, juga hal itu merupakan keputusan langsung dari kliennya untuk tidak mengajukan banding.

"Karena sampai saat ini masa tahanan dua tahun itu. Ibu juga sudah menjalani masa tahan hampir sembilan bulan. Mungkin tinggal setahun lagi," ungkapnya.

Meskit demikian, pihaknya juga tetap merasa kebaratan dengan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pasalnya, dalam kasus ini pengadilan menuduh kliennya melakukan benih- benih keonaran terkait penyebaran hoax tersenbut. Padahal nyatanya tidak demikian.

Tapi dari pertimbangan hukum memang masi terbuka buat kita untuk memperdebatkan dari sisi hukum tentang keputusan hakim itu," ungkapnya

"Kami juga keberatan dengan pertimbangman hukum tentang benih- binih keonaran atau bibit keonaran. Itu mungkin bisa jadi peluang hukum kami," tegasnya.

Diketahui, Ratna Sarumpaet divonis dua tahun penjara. Hakim menyatakan Ratna Sarumpaet terbukti bersalah menyebarkan kabar bohong (hoax) penganiayaan.

"Menyatakan terdakwa Ratna Sarumpaet terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran rakyat," ujar hakim ketua Joni membacakan amar putusan dalam sidang vonis Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/7).

Penulis: Suroso
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga