Ratusan Lapak Hewan Kurban Diperiksa DKPPP Depok

Depok, akuratnews.com- Jelang Hari Raya Idul Adha 2019, Pemerintah Kota Depok lakukan pemeriksaan pada sekitar 408 tempat lapak penjualan hewan kurban di Depok

Pemeriksaan juga akan dilakukan pihak Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKPPP) Depok terhadap 445 Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan sekitar 410 titik lokasi setelah penyembelihan (post Mortem) hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 2019.

"Kita melakukan giat yang sama seperti yang dilakukan pada 2018 lalu yaitu, lakukan pemeriksaan sekitar 408 lapak dan pemeriksaan hewan kurban sebelum disembelih (ante mortem) di 445 DKM." ujar Kepala DKPPP Depok, Diah Sadiah, Rabu,(31/7/2019).

Menurutnya, giat yang dilakukan masih mengacu pada data tahun 2018 lalu. Tentang potensi pergerakan jumlah angkanya di tahun 2019, bisa naik turun. Namun, kalaupun terjadi peningkatan atau pengurangan, jumlah pergerakanya bisa sedikit.

Sosialisasi dan pembinaan, tutur Diah, juga telah secara rutin tiap tahun dilakukan pihaknya terhadap DKM dan para pengguna lapak hewan kurban.

"Mudah-mudahan, tentang memilih hewan yang sehat, menyembelih sesuai kesejahteraan hewan (kesrawan) dan pendistribusian yg baik telah dipahami
sehingga dagingnya layak dikonsumsi masyarakat", katanya.

Kaitan itu, lanjut Diah, pihak DKPPP nantinya juga akan lakukan post mortem atau pemeriksaan setelah penyembelihan hewan kurban pada 410 titik lokasi post mortem.

Pihak DKPPP juga mengaku akan segera merespons tiap informasi tentang lapak yang menjual hewan kurban dalam kondisi tak sehat. "Insya Allah akan segera ditugaskan untuk dilakukan pengecekan lapangan", jelas Diah.

Penulis: Eko Ahdayanto
Editor: Ahmad Ahyar
Photographer: Eko Ahdayanto

Baca Juga