Diguyur Hujan 3 Jam

Ratusan Rumah di Cirebon Terendam Banjir Satu Meter

Ilustrasi Banjir

Cirebon, Akuratnews.com - Ratusan rumah di Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat terendam banjir setinggi satu meter, Minggu (24/3/2019). Banjir terjadi setelah wilayah itu diguyur hujan deras selama lebih dari tiga jam.

Banjir diperparah dengan meluapnya Sungai Gamel yang membelah desa tersebut. Warga pun terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Pantauan iNews, banjir terparah melanda perumahan Cahaya Permai. Di perumahan tersebut, ketinggian air mencapai 1-2 meter.

Menurut warga, Waji, derasnya air sungai yang masuk hingga ke dalam rumah ini disebabkan meluapnya Sungai Gamel. Debit air yang tinggi ditambah hujan deras selama lebih dari tiga jam membuat sungai tak mampu membendung air. “Ketinggian air sampai satu meter. Ada sekitar 150 unit yang kena banjir,” katanya.

Waji mengaku, banjir yang melanda kawasan perumahan Cahaya Permai merupakan yang keempat kalinya dalam empat bulan terakhir. “Sudah empat kali ini banjir di perumahan Cahaya Permai. Ini yang paling parah karena di Blok F dan G ketinggian air sampai dua meter,” ucapnya.

Tingginya banjir tersebut memaksa sebagian warga mengungsi ke tempat yang lebih aman seperti di musala maupun ke tempat yang lebih tinggi. Sebagian warga lainnya lebih memilih untuk mengungsi ke rumah orang tua ataupun saudara mereka.

Warga lainnya, Budi berharap pemerintah daerah setempat segera mengeruk Sungai Gamel yang mulai dangkal. “Selain normalisasi sungai, tanggul sungai juga perlu ditinggikan supaya musibah banjir tak terulang kembali,” katanya.

Penulis: Tri Iswanto
Editor: Redaksi

Baca Juga