Rayakan” Kesepakatan dengan AS, Korut Luncurkan 2 Rudal Terbaru

Korea Utara kembali meluncurkan rudal terbaru yang disebut-sebut sebagai Perayaan kesepakatan dialog dengan AS. (Foto Net)

Seoul, Akuratnews.com - Militer Korea Utara (Korut) kembali meluncurkan dua rudal jarak pendek dalam uji coba di Kaechon di Provinsi Pyongan. Meski bersepakat dengan Amerika Serikat (AS) pada September ini, namun Korut masih melakukan uji coba peluncuran rudal.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, Rudal jarak dekat diluncurkan dari sekitar Kaechon di Provinsi Pyongan Selatan pukul 07.00 pagi (waktu setempat) ke arah timur dan terbang sekitar 330 km, lansir Reuters, Selasa (10/9/2019).

Korut disebut-disebut, merayakan kesepakatan untuk kembali berdikusi dengan AS dengan cara meluncurkan dua rudal terbaru itu.

Kesepakatan berdialog dengan AS itu dicapai setelah Wakil Menteri Luar Negeri Korut, Choe Son Hue mengungkap bahwa Korut bersedia melakukan dialog komprehensif dengan AS pada akhir bulan ini. Soal detail waktu dan tempat masih harus disepakati lebih lanjut.

Peluncuran itu dikabarkan bagian dari uji coba rudal yang mampu menghadapi sistem pertahanan AS dan Korea Selatan (Korsel). Disebut lebih canggih dan lebih berbahaya. Kemajuan Korut mengembangkan kemampuannya dalam memproduksi rudal terus menerus telah memicu kekhawatiran AS dan sekutunya. (*)

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga