Rehab Lima Rumah, MCK hingga Penampungan Air Diselesaikan TMMD Nunukan

AKURATNEWS - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah perbatasan ke 111 oleh Kodim 0911/Nunukan yang dilaksanakan di Desa Persiapan Binusan Dalam RT 11, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) berhasil menyelesaikan sejumlah pekerjaan.

Lettu Inf Muhajir, Pasi Teritorial Kodim 0911/Nunukan mengatakan, sasaran yang berhasil diselesaikan Satgas TMMD di antaranya pembuatan tempat Mandi Cuci Kakus (MKC), pembangunan tempat penampungan air bersih, pembuatan tandon air.

"Diselesaikannya rehab rumah dalam program RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak lima unit," kata Lettu Muhajir di sela-sela kegiatan TMMD 111 Kodim 0911/Nunukan, Selasa (5/7).

Kemudian yang paling anyar, lanjut Lettu Muhajir, diselesaikannya empat unit plat duiker dengan ukuran 1,5 x 6 meter di beberapa titik sepanjang jalan Desa Binusan Dalam.

"Semua sasaran kini telah selesai dikerjakan, tingal merapikan dan memberikan sentuhan akhir sekiranya memberikan kesan rapi dan nyaman," kata Muhajir.

Diselesaikannya MCK, penampungan air dan tandon air bersih, menjadi primadona baru bagi warga Desa Binusan Dalam. Letaknya yang cukup terbuka, menjadikan warga bisa melihat langsung unit ini. Tandon air berdampingan dengan tempat mandi cuci kakus (MCK) yang sudah selesai beberapa hari sebelumnya.

"Kedua sasaran tambahan TMMD ke 111 tersebut akan lancar dalam penggunaan dengan adanya sistem pengairan yang baik," kata Bati Bhakti TNI Peltu Chandra Herumanto yang juga hadir dalam memantau proses pemasangan.

"Selain mengalir dari sumber mata air menuju MCK, dari tandon air ini juga akan mengaliri ke rumah warga di RT 11. Sehingga tidak perlu lagi harus turun dan berjalan kaki dalam mengambil air bersih tersebut," tambahnya.

Dalam Program TMMD ini, Kodim 0911/Nunukan membangun sejumlah sasaran fisik yaitu, Pembukaan Badan Jalan 1.850 x 6 meter, pembangunan empat buah plat duiker dengan ukuran 1,5 x 6 meter serta sasaran tambahan seperti pembuatan satu unit MCK, penampungan air bersih dan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak lima unit.

Untuk sasaran non fisik meliputi Penyuluhan Wawasan Nusantara, Penyuluhan Bela Negara, Pelayanan Kesehatan (Bahaya Narkoba & HIV /Aids), Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Sosialisasi Covid 19, Penyuluhan perekrutan menjadi anggota TNI, Sosialisasi Stunting, Kegiatan Posyandu dan Posbindu.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga