Rekam Jejak Mahaguru Ilmu Bela Diri Pernafasan Kateda, Dr. Lionel

Jakarta, Akuratnews.com -  Meninggalnya Mahaguru Kateda Dr. Lionel Henry Nasution tentu membawa duka yang mendalam tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.

Redaksi berusaha menghimpun apa saja yang pernah dilakukan Dr. Lionel untuk mengembangkan Kateda sebagai ilmu bela diri pernafasan di Indonesia dan juga di mancanegara.

Dari dua orang Guru Besar Kateda, yakni GMK Deby Sjeny Pesik (Grand Master of KATEDA) dan dan VGMK Marcus Junus Warou (Vice Grand Master KATEDA) yang juga Ketua Umum Federasi Kateda Seluruh Indonesia (FKSI). Kedua narasumber sepakat mengatakan bahwa Dr. Lionel Henry Nasution atau yang biasa disapa Ka Yan mulai memperkenalkan Ilmu pernafasan Kateda pada tahun 1977 di Jakarta.

5 tahun kemudian, Dr. Lionel membuka Sekolah Kateda pertama di Indonesia dan selanjutnya mendirikan Kateda Internasional sebagai Organisasi Pengajaran Utama dari keseluruhan sekolah- sekolah Kateda yang ada baik dalam maupun luar negeri.

Pada tanggal 5 Maret 1981, Sekolah Beladiri Kateda berdiri di London dan kota ini resmi dan menjadi pusat semua sekolah Kateda. Tahun sebelumnya, tahun 1980 Sekolah Kateda juga dibuka di  America. Negara Timur Tengah seperti Iran juga tak luput dari perhatian Dr. Lionel.

Menurut Marcus, tahun 1985 untuk pertama kalinya Buku Ilmu Kateda dikenal dengan istilah Cental Power diterbitkan di London dalam bahasa Inggris.

Atas dedikasnya itu, Dr. Lionel Henry banyak mendapatkan penghargaan dari Kerajaan Inggris, Parlemen,  serta Senat America

“Ilmu Pernafasan Kateda  telah banyak membawa perubahan signifikan baik ditinjau dari ilmu kesehatan tubuh manusia maupun dari segi Ilmu beladiri,” pungkasnya.

Penulis: Djamil
Editor: Zulfikri
Photographer: Istimewa

Baca Juga