Relawan Merah Hati Dukung Puan Maharani Jadi Ketua DPR RI

Koordinator Nasional Relawan Merah Hati, Hendri Kurniawan

Jakarta, Akuratnews.com - Koordinator Nasional Relawan Merah Hati, Hendri Kurniawan mendukung Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani untuk menjadi Ketua DPR RI periode 2019--2024. Hendri berpendapat Puan Maharani layak serta memenuhi kriteria dan bisa berperan dengan baik sebagai ketua DPR RI.

Menurutnya, berdasarkan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) di beberapa Provinsi, PDI Perjuangan dipastikan keluar sebagai partai pemenang pemilu 2019 dan berhak atas Ketua DPR RI periode 2019-2024.

“Dengan kemenangan PDI Perjuangan pada pemilu saat ini, perlu kiranya saya mengajak semua partai pendukung Jokowi untuk merekomendasikan agar Kursi Ketua DPR RI diserahkan kepada Puan Maharani,” ujar Hendri kepada Akuratnews.com di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Hendri juga menjelaskan bahwa pengalaman Puan berorganisasi juga layak diperhitungkan.

“Apalagi Puan bepengalaman dalam organisasi kepemudaan, pernah duduk di DPP KNPI serta pernah menjadi menteri dan memiliki jaringan Internasional yang diakui negara-negara lain, sehingga sangat layak untuk dipertimbangkan,” ucap Hendri.

"Dengan landasan berpikir bahwa Soekarno adalah Presiden pertama Indonesia. Selanjutnya, Megawati Presiden wanita pertama Indonesia dan inilah momentum paling tepat Puan menjadi Ketua DPR RI perempuan pertama. Ini akan menjadi spirit Kartini bagi para perempuan di Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, menanggapi banyaknya dukungan terhadap dirinya, Puan Maharani mengatakan masih fokus menjalankan tugasnya sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Puan menambahkan hingga kini belum ada pembicaraan di internal partainya mengenai penugasan dan posisi tertentu di DPR. Ia tak menyangkal bahwa namanya masuk dalam kandidat Ketua DPR. Namun, ia memastikan belum ada keputusan yang resmi terkait hal tersebut.

"Alhamdulillah sesuai UU MD3, partai pemenang pemilu dan sesuai suara proporsional nantinya yang menduduki pimpinan di DPR. Tapi siapa kemudian bagaimana kriteria dan lain-lain itu kan masalahnya ada di internal partai masing-masing," ucap Puan seperti dikutip dari media nasional, Jumat (24/5/2019).

Sinyal kemungkinan Ketua DPR dijabat perempuan awalnya muncul dari Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah kemudian mengakui bahwa Puan Maharani, adalah kader yang paling berpeluang menjadi Ketua DPR RI.

Basarah menyebut, Puan memiliki kapasitas menjadi Ketua DPR RI karena berbagai pengalamannya di dunia politik. Selain berpengalaman sebagai Menko PMK RI 2014-2019, Puan juga pernah menjabat Ketua Fraksi PDIP 2009-2014 dan sudah tiga periode menjadi pengurus DPP PDI Perjuangan.

Penulis: Atta
Editor: Redaksi

Baca Juga