Pemilu 2019

Relawan Selendang Putih Nusantara Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Wakil Ketua Umum Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN), Reza Pahlevi / Foto: Istimewa

Jakarta, Akuratnews.com - Masyarakat diminta memberikan hak pilih pada Pemilu 2019. Setiap satu suara yang diberikan akan sangat menentukan arah masa depan Indonesia. Hak memilih dan dipilih merupakan hak konstitusional warga negara yang diakui sebagai bagian dari hak atas kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan seperti diatur dalam UUD 1945.

Wakil Ketua Umum Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN), Reza Pahlevi mengatakan, Partisipasi dalam pileg dan pilpres masyarakat memiliki landasan etika dan moral untuk mengkritik pemimpin pilihan mereka di masa akan datang. Karena itu, alangkah baiknya jika tak tebersit pikiran untuk tidak datang ke TPS.

"Kita sebagai rakyat sebaiknya turut serta berpartisipasi secara langsung dalam pesta demokrasi yang hanya digelar satu kali dalam lima tahun ini dan menentukan pilihan kita masing-masing," katanya saat dihubungi Akuratnews.com Selasa, (16/04/2019).

Dia juga meminta masyarakat tetap menjaga persatuan, menjunjung tinggi moralitas, toleransi, dan kesantunan di Pemilu 2019.

Menurutnya, saat ini memang ada kelompok masyarakat yang lebih senang berbicara hak ketimbang kewajiban. Dalam Pemilu 2019, dirinya mengajak agar pemikiran tersebut dapat diubah, yakni mengedepankan kewajiban baru memikirkan haknya.

"Dalam pemilihan presiden besok sebaiknya kita ubah cara berpikir kita. Mari ubah hak menjadi kewajiban. Sebuah kewajiban untuk sama-sama menentukan masa depan Indonesia. Jauhi politik uang dan segala transaksi yang dilarang oleh agama, moralitas, dan hukum yang berlaku," ucapnya.

Dia menuturkan, semua elemen bangsa, baik dalam masa pemilihan maupun sesudahnya, hendaknya bersama-sama menciptakan ketertiban dan kedamaian. “Hendaknya menjauhi segala bentuk pernyataan dan sikap yang bernuansa hasutan, perselisihan, kegaduhan, dan tindakan yang merugikan kehidupan berbangsa dan bernegara,” tandasnya.

Penulis: Ahyar
Editor:Alamsyah
Photographer:Istimewa

Baca Juga