Program PIID-PEL Kemendes PDTT

Resmi, Bentar Lagi Sidoarjo Punya Destinasi Wisata Buah Belimbing

Bupati Saiful Ilah saat melakukan peletakan batu pertama, pembangunan Gedung Pusat Edukasi dan Pengolahan Belimbing di Watesari, Balongbendo. (foto: dok. akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Dalam waktu dekat, Sidoarjo bakal memiliki destinasi wisata baru, berupa agrowisata perkebunan buah belimbing, dilengkapi bangunan gedung sebagai pusat edukasi dan pengolahannya.

Agrowisata ini termasuk sasaran program Pilot Inkubasi Inovasi Desa - Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Agrowisata yang memanfaatkan lahan tanah kas desa (TKD) seluas dua ribu hektar itu berlokasi di Desa Watesari, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), M. Ali Imron, Camat Balongbendo, Puguh Santoso dan Kades Watesari, Sukisno telah melakukan peletakan batu pertama, dimulainya pembangunan Gedung Pusat Edukasi dan Pengolahan Buah Belimbing di lokasi agrowisata itu, Rabu (28/8/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Saiful Ilah menyampaikan, pihaknya sangat mendukung program inovasi Desa Watesari membangun agrowisata buah belimbing tersebut.

"Saya berharap, agrowisata buah belimbing ini akan menjadi daya tarik wisata tersendiri. Juga, kucuran dana dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal agar digunakan dengan baik, karena harus dipertanggungjawabkannya," katanya.

Selanjutnya, Camat Balongbendo, Puguh Santoso menuturkan, Watesari merupakan desa sasaran program PIID-PEL Kementerian DPDTT.

"Untuk pengembangan program inovasi agrowisata Watesari itu, Kementerian DPDTT telah mengucurkan Rp1,3 milyar. Mudah-mudahan agrowisata ini bisa jadi ikon desa dan kebanggaan Sidoarjo," harapnya.

Sementara itu, Kades Watesari, Sukisno menjelaskan, nantinya, pengunjung bisa memetik buah belimbing langsung dari pohonnya di agrowisata perkebunan belimbing ini.

"Belimbing yang dihasilkan di sini, sangat istimewa. Selain manis, juga berukuran besar. Bahkan, di lokasi, pengunjung akan disajikan aneka olahan blimbing, semisal, sirup belimbing," terangnya.*

Baca Juga